Sukses

Jangan Abaikan Gejala Diabetes pada Anak

Inilah gejala diabetes pada anak. Jangan abai dan harus langsung dibawa ke rumah sakit agar terhindar dari diabetes tipe 2.

Liputan6.com, New Delhi Anak juga bisa mengidap diabetes. Orangtua dapat mencegah agar kondisi itu tidak terjadi dengan memerhatikan asupan makan sehari-hari sehingga si Kecil tidak obesitas. Atau mengenal gejala dari diabetes sehingga anak tidak sampai mengidap diabetes tipe 2.

Hanya saja, gejala seperti sering haus dan sering buang kecil kerap dianggap sebagai infeksi saluran kemih atau akibat dari musim dingin.

"Modifikasi diet sehari-hari, mulai dari menghindari minuman soda, makanan olahan, dan menggantinya dengan buah-buahan segar dan sayuran hijau. Anak-anak yang berasal dari keluarga diabetes harus rutin check-up dan mempertahankan gaya hidup aktif," kata Konsultan Senior dan Spesialis Endokrinologi dari Appolo Centre for Obesity, Diabetes, and Endocrinology (ACPDE), Apollo Hospital, Delhi, Dr SK Wangnoo dikutip dari Times of India, Senin (13/6/2016)

SK Wangnoo juga menyarankan agar orangtua lebih berhati-hati apabila menemukan gejala dari diabetes seperti menurunnya berat badan secara mendadak, rasa haus berlebihan, dan seringnya anak buang air kecil. Segera lakukan konsultasi apabila kulit menebal di sekitar leher atau ketiak.

Orangtua juga harus tahu, terlalu sering menyantap makanan olahan, asin, dan tinggi pengawet dapat meningkatkan kemungkinan diabetes pada anak. Vitamin D harus rutin diberikan dan tentunya anak harus aktif bergerak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini