Sukses

Minyak Kelapa Aman untuk Pelumas Vagina Saat Bercinta

Jennifer Gunter, M.D., menjelaskan bahwa minyak kelapa memiliki sifat anti jamur alami.

Liputan6.com, Jakarta - Minyak kelapa yang dikenal ampuh untuk melembabkan kulit, rambut, hingga gigi ternyata memiliki keunggulan lebih yang masih belum diketahui banyak orang.

Temuan terbaru yang dilakukan genekolog bahwa beberapa wanita menggunakan minyak kelapa sebagai pelumas. Seperti dikutip laman Shape, ditulis Jumat (10/06/2016), Jennifer Gunter, M.D., spesialis obgyn dari Kaiser Permanente Medical Center, San Francisco, mengatakan, "Saya sudah pernah bertanya kepada beberapa pasien saya tentang hal itu." katanya.

Gunter menjelaskan belum ada studi yang menemukan keamanan minyak kelapa sebagai pelumas. "Namun sejauh ini tampaknya aman--saya belum menerima efek samping yang negatif dari pasien saya," ucap Gunter.

Gunter pun menambahkan bahwa minyak kelapa yang memiliki sifat anti jamur alami justru mampu membantu mengurangi risiko infeksi jika digunakan sebagai cairan lubrikasi.

Namun ia pun mengingatkan untuk segera membilas atau mencuci area vagina usai berhubungan seks. Dan jangan sesekali meninggalkan minyak kelapa berdiam di vagina terlalu lama.

"Minyak kelapa memiliki titik leleh yang rendah sehingga setelah Anda menggosoknya di tangan, minyak kelapa akan mencair dengan cepat," jelas Gunter.

Ia pun mengingatkan penggunaan minyak kelapa baiknya digunakan sebagai pelumas saat foreplay dan hindari penggunaan minyak kelapa ketika Anda menggunakan kondom berbahan lateks. Sebab akan meningkatkan kerusakan pada kondom.

Meskipun tidak diketahui apakah minyak kelapa dapat memiliki efek lainnya, namun penelitian terbaru di Journal of Assisted Reproduction and Genetics menemukan minyak kelapa memiliki efek paling kecil untuk fungsi sperma dalam mencapai sel telur dibandingkan dengan pelumas lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini