Sukses

Trik Hindari Makan Berlebih

Mengakhiri kebiasaan makan berlebih memang cenderung sulit.

Liputan6.com, Jakarta Mengakhiri kebiasaan makan berlebih memang cenderung sulit. Diperlukan kontrol diri yang kuat untuk menjaga porsi makan dalam jumlah kecil dan tidak tergoda sajian lezat yang terhidang di depan mata.

Bagi Anda yang ingin mengubah kebiasaan makan berlebih, bisa mencoba trik sederhana dari Brandon Nguyen, penulis dan co-founder situs gaya hidup sehat ChillPill. Nguyen mengatakan, cara mudah menghentikan makan berlebih adalah dengan menggunakan tangan non-dominan Anda. Misalnya, bila Anda terbiasa melakukan segala sesuatunya dengan tangan kanan, kini saatnya menggunakan tangan kiri. Anda tentu akan merasa kikuk seperti batita yang berusaha melatih sensor motoriknya, bukan?

"Satu cara sederhana untuk makan lebih bebas dan perlahan adalah dengan memaksa diri makan dengan tangan yang non-dominan. Mungkin akan terasa merepotkan setiap kali menyendoknya, tapi cobalah mempraktikkannya saat makan malam karena pada waktu itu kita cenderung makan dalam jumlah besar," ujarnya.

"Alasan dari kiat ini adalah diperlukan waktu lebih lama untuk makan, sehingga memberi kesempatan pada perut untuk mengirim pesan ke otak bahwa Anda sudah kenyang," lanjutnya.

Saran Nguyen itu juga diperkuat dengan hasil penelitian tahun 2011 yang dimuat dalam Personality and Social Psychology Bulletin.

Tapi sebelum Anda mengotori sekeliling dengan mencoba makan dengan tangan non-dominan, Anda bisa mencoba beberapa trik berikut, dikutip dari laman Goodhousekeeping, Kamis (9/6/2016):

- Gunakan piring kecil untuk makan
- Makanlah di meja makan, bukan di sofa
- Matikan teve dan fokuslah pada makanan Anda
- Beri jeda 20 menit sebelum tambah makanan atau makan hidangan penutup
- Masukkan sisa hidangan ke dalam kulkas sebelum Anda tergoda untuk memakannya lagi
- Simpan hidangan di dapur, bukan di meja makan
- Sikat gigi atau kunyah permen karet setelah makan malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.