Sukses

5 Kesalahan yang Menyebabkan Tubuh Kurang Cairan

Setiap hari tubuh memerlukan cairan yang cukup banyak untuk proses metabolisme.

Liputan6.com, Jakarta Setiap hari tubuh memerlukan cairan yang cukup banyak untuk proses metabolisme. Untuk memenuhi cairan tubuh, hal sederhana yang biasa kita lakukan adalah dengan minum air lebih banyak.

Namun seringkali tanpa sengaja kita melakukan kesalahan hingga membuat tubuh kekurangan cairan. Perbaiki lima kesalahan berikut ini untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan cukup cairan.

1. Minum air selama latihan

Saat berada di gym, dan Anda sering merasakan sakit kepala, mungkin saja itu karena kurang cairan. Setidaknya 30 menit sebelum berolahraga, ada baiknya Anda minum delapan ons cairan.

2. Bersikeras delapan gelas sehari

Sudah waktunya, konsep ini Anda buang jauh-jauh. The Institute of Medicine merekomendasikan 11,4 gelas per hari, sekalipun kebutuhan cairan masing-masing orang berbeda-beda. Jumlah yang tepat ditentukan oleh ukuran dan berat badan masing-masing orang.

3. Menghindari minuman seperti kopi dan teh

Ini adalah kepercayaan umum bahwa kopi dan teh penyebab dehidrasi karena kafein yang terkandung di dalamnya. Namun hal ini hanyalah mitos. "Kopi dan teh dapat menjadi diuretik yang menyebabkan hilangnya cairan dalam tubuh," kata ahli gizi City New York Lisa Cashman.

Dengan hilangnya cairan dalam tubuh, maka kita akan berusaha untuk menggantikannya dengan cairan lain seperti air putih, dsb.

4. Kurang minum

Jika Anda merasa haus, maka ya Anda harus minum. Hal yang sama berlaku ketika Anda sedang berolahraga atau merasa panas oleh terik matahari. Tapi hal sebaliknya, tidak hanya saat Anda sedang kehausan saja maka harus minum, melainkan saat Anda hanya duduk di meja kerja sekalipun, tubuh tetap harus tercukupi cairan.

Jika perlu buat catatan kecil di depan komputer, sebagai pengingat waktu Anda untuk minum air. Jika Anda tidak melakukannya, maka akan berakibat pada ganguan seperti batu ginjal atau infeksi saluran kemih.

5. Bingung dengan butuh air atau butuh makanan

Minumlah sebelum Anda makan, untuk memastikan bahwa Anda benar-benar lapar. Banyak orang bingung akan kebutuhan air dengan kebutuhan pangan. Tak perlu bingung, makanlah makanan ringan seperti biasa, namun jangan lupa untuk minum. Jika perlu sediakan sebotol air minum di meja kerja anda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini