Sukses

Efek Samping Pil DHEA yang Bisa Bikin Orang Awet Muda

Pil DHEA memang bisa bikin awet muda. Tapi, pil yang mudah didapat di apotek punya efek samping berbahaya

Liputan6.com, Jakarta Pil DHEA (dehydroepiandrosterone) yang diyakini bisa bikin awet muda ternyata menyimpan efek samping yang cukup mengkhawatirkan.

DHEA yang disebut sebagai pil anti-penuaan memang tengah jadi incaran mayoritas perempuan usia tua di Amerika. Dengan rutin menelan pil warna putih ini, mereka yang sudah berumur 50 tahunan konon akan memiliki wajah yang tampak lebih muda 20 tahun.

Namun, pil DHEA yang mudah didapat di apotek memiliki efek samping yang justru bisa bikin para pemakai merasa minder.

Caryn Franklin, British Fashion Commentator yang juga Professor of Diverty in Fashion, adalah salah satu "oknum" yang menaikkan pamor pil DHEA di kalangan perempuan-perempuan modern di Amerika. Sewaktu tampil di acara bincang-bincang, ia ditanya apa rahasia tetap bugar di usia yang tak lagi muda. Ia pun menjawab, rutin mengonsumsi pil DHEA.

"Saya telah berada di umur 50 tahunan, di mana tubuh mudah sekali lelah dan sulit mengontrol emosi. Setelah mencari bantuan dari berbagai ahli, termasuk konselor dan kinesiologist, saya disarankan mengganti suplemen estrogen saya dengan dosis yang sangat rendah dari pil DHEA (15mg)," kata Caryn dikutip dari situs Daily Mail, Senin (6/6/2016)

Secara bertahap tubuhnya kembali fit. Caryn merasa pil DHEA telah membantunya merasa optimis dengan tubuh lebih ringan. Ia juga merasa lebih segar dalam berpikir.

Namun, setelah Caryn melakukan konsultasi ulang dengan Dr Daniel Sister, ia mendapat masukan bahwa pil DHEA bukan obat yang ajaib. Bila pasien memang membutuhkannya, pil tersebut akan bekerja maksimal dan pasien akan mendapat hasil yang diinginkan. Tapi jika pasien memang tidak membutuhkannya, efek samping dari obat bisa sangat mengerikan.

"Ini adalah produk hormonal serius dan bukan sesuatu yang dianggap enteng. Studi menunjukkan, kelebihan dosis DHEA berisiko membuat orang merasa lelah, sering kewalahan, suasana hati menurun, dan libido memburuk," kata Caryn.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini