Sukses

Cara Agar Anak Berani Tidur Sendiri

Banyak orangtua yang tak tega membiarkan anaknya tidur di kamarnya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orangtua yang tak tega membiarkan anaknya tidur di kamarnya sendiri. Namun, di usia tertentu sebaiknya ajarkan mereka untuk terbiasa tidur sendiri.

Awalnya tentu mereka akan takut sendirian. Ketika anak-anak tidur bersama orangtua, cenderung merasa aman, dan mimpi buruk tidak menakut-nakuti mereka.

Dikutip Boldsky, Jumat (3/6/2016), anak-anak yang tidur sendirian merasa mereka tidak memiliki siapa pun untuk dipeluk kala bermimpi buruk. Dan itu yang membuat mereka takut. Apalagi jika si anak berada di ruang gelap, ini bisa menjadi masalah dalam tidur.

Alessandro Ambrosio saat bersama anak keduanya, Noah (4) (Foto: Instagram @alessandraambrosio)

Sebaiknya, ajari anak Anda tidur sendiri secara bertahap. Sehingga saat usia mereka enam hingga tujuh tahun, mereka sudah terbiasa berada di kamarnya sendiri. Dan mereka bisa belajar menghadapi ketakutannya sendiri.

Dengan proses tersebut, anak-anak tak akan merasa ditinggalkan orangtuanya secara tiba-tiba. Dan mereka pun dapat menyelesaikan sendiri ketakutannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini