Sukses

Cara Tepat dan Efektif Bersihkan Vagina

Untuk menjaga kesehatan vagina, wanita harus tahu cara tepat membersihkan daerah intimnya ini.

Liputan6.com, Jakarta Area vagina merupakan bagian paling intim dari wanita. Dan untuk mendapatkan vagina tetap sehat dan aman, wanita harus tahu cara tepat membersihkan daerah intimnya tersebut.

Mengutip laman Mamamia, ditulis Selasa (31/05/2016) masih banyak kesalahan yang dilakukan wanita saat membersihkan vagina mereka. Simak langkah berikut agar vagina tetap sehat dan aman.

1. Jangan mencuci vagina terlalu sering

Terlalu sering mencuci area vagina menggunakan sabun ternyata tidak dianjurkan, kecuali saat menstruasi. Dianjurkan untuk mencuci vagina dengan rutin sebelum tidur setelah seharian penuh beraktivitas.

2. Jangan gunakan sabun mandi

Penggunaan sabun mandi untuk mencuci area vagina akan merusak pH alami vagina. Gunakan sabun khusus daerah kewanitaan, atau sabun bayi yang memiliki pH seimbang.

3. Hindari menggunakan selang air di toilet umum

Saat berada di toilet umum dan hendak membersihkan area vagina usai buang air kecil, pastikan untuk tidak menyemprot langsung area vagina menggunakan selang air yang terdapat di toilet.

Selain berbahaya untuk keamanan vagina, bakteri pun akan mudah menempel pada area vagina.

4. Usap dengan lembut

Kulit di area vagina sangat tipis dan sensitif sehingga berbahaya jika terkena sentuhan yang keras.

Untuk membersihkan area vagina cobalah untuk mengusap dengan lembut agar tak terjadi reaksi berlebih hingga infeksi. Jadi jangan pernah mencuci vagina Anda dengan terburu-buru. Lakukanlah dengan lembut dan tepat.

5. Keringkan dengan maksimal

Setelah mencuci area vagina, wanita perlu mengeringkan area intim dengan cara menepuk-nepuk dan bukan menggosoknya. Pastikan Anda menepuknya sampai vagina benar-benar kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.