Sukses

Atasi Sakit Perut dengan 5 Makanan Ini

Kekuatan 5 makanan ini bukan saja untuk memberikan energi atau nutrisi baik. Namun keunggulan lainnya ialah menjadi pengobat rasa sakit.

Liputan6.com, Jakarta Kala rasa sakit menyerang perut dengan rasa kram, mual, maupun diare menyebabkan seseorang sulit untuk menerima sembarangan jenis makanan.

Biskuit atau cracker menjadi pilihan terakhir untuk mengganjal perut yang diserang rasa sakit. Tetapi ada pula jenis makanan yang mampu meredakan rasa sakit perut dengan efektif, seperti dilansir laman Shape, ditulis Jumat (27/05/2016) berikut lima jenis makanan yang membantu redakan sakit pada perut Anda.

1. Pisang

Pisang yang dipercayai dapat menjadi energy booster bagi para pelari maraton akan efektf untuk dikonsumsi saat dilanda rasa sakit. Selain meredakan pisang pun mampu memberikan energi lebih untuk tubuh. Terlebih pisang yang mudah dicerna umumnya tidak akan mengganggu perut. Kandungan pektin pada pisang akan membantu proses pembuangan lebih baik.

2. Pepaya

Konsumsi pepaya akan lebih mudah mendorong pencernaan, meredakan gangguan pencernaan, dan juga mengatasi sembelit. Enzim papain dan chymopapain, akan membantu memecahkan protein dan menenangkan perut dari kondisi asam. Bahkan Anda dapat mengonsumsi ekstrak pepaya sebagai cara yang lebih praktis.

3. Nasi

Ketika perut terasa tak nyaman, nasi akan membantu penyerapan air lebih mudah sehingga meringankan diare.

4. Jahe

Sejumlah penelitian telah menunjukkan jahe akan bekerja baik sebagai obat anti-mual dan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Batas yang direkomendasikan untuk mengonsumsi jahe adalah sebanyak 4 gram jahe setiap hari. Dengan cara mengunyahnya atau mengubahkan ke dalam minuman hangat.

5. Teh

Teh dengan varian rasa peppermint dan chamomile memiliki sifat baik dalam penyembuhan rasa sakit pada perut. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa peppermint mengaktifkan saluran antipain di usus besar dan peppermint juga mampu membantu mengurangi rasa mual. Sedangkan penelitian kecil pada chamomile menunjukkan mampu merdakan segala rasa sakit di perut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.