Sukses

Selain Roti Putih, Bahaya Roti Lain di India Bisa Picu Kanker

Baru-baru ini pemerintah di India mengingatkan masyarakatnya untuk lebih berhati-hati memilih roti.

Liputan6.com, Jakarta Roti putih sudah lama tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena terbuat dari tepung halus yang membuat kita masih merasa lapar meski sudah menyantap dua atau bahkan lebih helai roti putih.

Baru-baru ini pemerintah di India mengingatkan masyarakatnya untuk lebih berhati-hati memilih roti. Sebab, sebagian roti yang dibuat oleh produsen yang ada di sana dicampur dengan bahan kimia seperti kalium bromat atau iodat yang tidak baik untuk kesehatan manusia.

 

Pusat Ilmu Pengetahuan dan Lingkungan di India mengatakan, penggunaan bahan ini di sektor pembuatan roti

telah dilarang di banyak negara karena terdaftar sebagai bahan yang berbahaya untuk kesehatan masyarakat.

"Salah satu di antaranya adalah karsinogen kategori 2B dan juga bisa memicu gangguan tiroid," kata Wakil Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan dan Lingkungan di India, Jenderal Chandra Bushan.

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker pada 1999 telah mengklasifikasi, kalium bromat adalah penyebab terbesar dari kanker pada manusia. Ketika diuji coba pada hewan laboratorium, ditemukan bahwa kandungan ini menyebabkan tumor dan juga tiroid.

Ternyata, selain roti putih, ada juga roti yang berbahaya karena kandungannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.