Sukses

Penelitian Mr P Disengat Lebah Dianggap Buang-buang Uang Negara

Percobaan sengat lebah itu menjadi salah satu dari sekian banyak penelitian yang menggunakan uang pemerintah AS.

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan pria yang rela penisnya (Mr P) disengat lebah demi penelitian? Ternyata, percobaan yang tak biasa tersebut menggunakan uang negara dan dianggap pemborosan saja.

Percobaan sengat lebah itu menjadi salah satu dari sekian banyak penelitian yang menggunakan uang pemerintah AS dan disorot senator negara bagian Arizona seperti dilansir Mirror, Jumat (13/5/2016).

Senator Republik Jeff Flake telah menggunakan laporan "Dua Puluh Pertanyaan: Studi Pemerintah yang akan membuat Anda menggaruk kepala untuk menunjukkan ada banyak ruang untuk memotong keuangan", seperti laporan Washington Times.

Proyek-proyek lain yang disebutkan dalam data termasuk uang sekitar £ 35.000 National Science Foundation dilaporkan dibayar untuk University of California, Los Angeles untuk penelitian feminitas dan maskulinitas di anggota Kongres.

"Ini saatnya bagi Washington menetapkan tujuan yang jelas untuk penelitian yang didanai pemerintah federal, peningkatan transparansi untuk memastikan uang pajak diprioritaskan untuk memenuhi tujuan mereka dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan duplikatif pada prioritas yang lebih rendah," kata Senator Flake.

Awal tahun ini seorang pria mendapat pengakuan ilmiah setelah ia membiarkan lebah menyengat Mr P demi penelitian. Ia adalah Michael L Smith yang membiarkan serangga menyengat tubuhnya sendiri, dan berakhir dengan sengatan di Mr P serta 24 tempat lainnya. Dedikasinya itu membuat Smith menerima hadiah Nobel Ig untuk fisiologi dan entomologi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.