Sukses

Ternyata Ada Cara Khusus Bersihkan Bokong

Cara membersihkan bokong yang salah membuat kulit jadi iritasi.

Liputan6.com, Jakarta Rasanya seperti pertanyaan konyol tapi tahukah Anda--para pria--cara menyeka bokong yang benar? Sebab ternyata, cara membersihkan bokong yang salah membuat kulit jadi iritasi.

Ya, seperti disampaikan kepala gastroenterology Dr Joel Krachman, MD, ada banyak pria di muka bumi yang terlalu keras dan cepat membersihkan bokong, sehingga mengiritasi daerah dubur.

"Caranya tentu membersihkannya dengan baik, ke atas ke bawah, kertas tisu dilipat, dikumpulkan lalu dibuang. Sebenarnya tidak ada yang spesial. Namun bila dilakukan keras dan cepat, bisa menyebabkan wasir atau abses anal," katanya, seperti dilansir Menshealth, Selasa (3/5/2016).

Selain itu menurut Krachman, Anda sebaiknya peduli terhadap bahan tisu karena banyak merek populer mengandung pengawet methylisothiazolinone yang menyebabkan reaksi alergi.

Lantas kemudian muncul lagi pertanyaan, efektif mana tisu basah atau kering?

Menanggapi hal tersebut, co-creators of Dude Wipes, Ryan Meegan, menerangkan analogi warna warni. "Jika Anda memegang cokelat di tangan, Anda tidak hanya butuh tisu kering, bukan?

Krachman menambahkan, selain penggunaan tisu yang benar, pastikan memakai sabun yang lembut pada kulit untuk mencegah kulit iritasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.