Sukses

Kecanduan Ponsel, Awas Hubungan Jadi Bermasalah

Ketika salah satu pasangan atau keduanya terlalu lekat dengan ponsel, akan menimbulkan masalah dalam hubungan.

Liputan6.com, New York- Kehadiran smartphone alias ponsel pintar dalam kehidupan membuat kita jadi tidak terpisahkandengan benda tersebut. Namun ketika salah satu pasangan atau keduanya terlalu lekat dengan ponsel akan menimbulkan masalah dalam hubungan percintaan. Hal tersebut terbukti dalam studi baru-baru ini. 

Beberapa penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari kehadiran ponsel dalam hubungan, mulai dari membuat hubungan jadi lebih dekat, menjalin keintiman lewat telepon dan pesan. Dengan begitu hubungan jadi lebih bahagia dan aman dengan hubungannya.

Namun, kehadiran ponsel pintar di masa kini makin menyita hampir seluruh waktu kita. Lihat saja mulai dari aneka macam pesan dan media sosial terkoneksi dengan ponsel pintar. Belum lagi pekerjaan yang menuntut hampir keseluruhan waktu.

Jika tidak bijak menggunakan ponsel pintar, hal tersebut menimbulkan masalah dalam hubungan. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychology of Popular Media Culture mengungkapkan yang jadi masalah bukan seberapa lama orang tersebut dengan ponsel, tapi seberapa orang tersebut membutuhkan ponselnya.

Lalu, orang yang merasa pasangannya terlalu tergantung pada ponsel merasa kurang puas akan hubungannya melansir laman Time, Jumat (29/4/2016).

"Kehadiran ponsel efeknya lebih kuat dibandingkan dulu. Saya tidak mengatakan itu negatif, tapi ada arah ke sana," tutur asisten profesor Departemen Komunikasi dari University of Arizona, Amerika Serikat, Matthew Lapierre.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.