Sukses

Diet yang Sehat Harus Ada Karbohidrat

Haruskah menghilangkan sumber karbohidrat di kehidupan sehari-hari?

Liputan6.com, Jakarta Karbohidrat di mata pelaku diet pemula dipandang sebagai penghambat dari program penurunan berat badan yang sedang mereka jalani. Yang disantap hanya sumber serat (sayuran) dan protein (hewani dan nabati) tanpa ada sumber karbohidrat tersaji di piring.

Aisling Piggot, ahli diet terdaftar dan juru bicara di British Dietetic mengatakan, tidak semua jenis karbohidrat adalah "setan" yang bertugas mengagalkan diet mereka. Karbohidrat yang mengandung zat tepung seperti kentang, pasta, sereal, dan roti gandum merupakan kelompok makanan yang kaya vitamin dan rendah kalori. Karbohidrat diubah menjadi glukosa yang akan diangkut ke seluruh tubuh kita.

Menurut Aisling, jika ada orang yang tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali lalu angka di timbangan bergeser ke arah yang lebih kecil, tidak bisa dijadikan cermin sebuah perubahan nyata untuk komposisi tubuh. Sebab, itu baru cairan yang berkurang. 

Otak manusia tidak bisa berfungsi maksimal tanpa kehadiran glukosa (pemecahan karbohidrat). Energi yang diciptakan dari karbohidrat digunakan sebagai bahan bakar dan pembentukan otot paling dasar. Tidak jadi masalah jika kita memasukkan karbohidrat mengandung zat tepung ke dalam menu sehari-hari.

Karbohidrat bisa bikin gemuk jika disantap berlebihan. Terlalu banyak energi yang kita terima namun sedikit sekali energi yang keluar adalah penyebab kenaikan berat badan. Semua makanan menyebabkan kenaikan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah besar, melebihi keperluan yang dibutuhkan tubuh.

Roti bisa membuat gemuk jika kita kerap menambahkan mentega, keju, dan daging. Dan setelah itu tak ada aktivitas fisik apa pun.

Berikut pilihan menu dari Aisling yang dapat Anda contoh, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (29/4/2016)

Pilihan sarapan : Bubur oat 30 gram. Susu semi-skim 100 ml, satu buah apel cincang atau pisang.
Camilan pagi : Yoghurt ukuran kecil dan sepotong buah
Makan siang : Roti gandum berisi 1-2 irisan ayam atau ham, tomat, dan selada. Yoghurt kecil atau sepotong buah.
Camilan sore : Wortel
Makan malam : Dua sampai tiga telur ukuran kentang rebus, salmon panggang, dan sayuran kukus atau salad.

Bagi Aisling, diet yang sehat tidak boleh menghilangkan karbohidrat tepung saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Dua sampai tiga porsi produk susu setiap hari, dua porsi daging merah setiap minggu, dan ikan berminyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.