Sukses

Ingin Cemilan Manis, Asam, atau Asin, Semua Ada Artinya

Tahukah Anda, saat tubuh kekurangan suatu nutrisi, dia akan mengirimkan sinyal pada otak?

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda, saat tubuh kekurangan suatu nutrisi, dia akan mengirimkan sinyal pada otak? Sinyal inilah yang pada akhirnya menimbulkan keinginan Anda untuk memakan suatu makanan tertentu. Hal ini bertujuan untuk menjaga kadar vitamin dan mineral tubuh selalu seimbang.

Jangan biarkan keinginan mencemil tadi membuat Anda mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Untuk menghindari hal ini, para peneliti kemudian mengartikan keinginan mencemil Anda dan nutrisi apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Seperti dilansir dari Daily Mail, Kamis (28/4/2016), inilah arti keinginan mencemil Anda:

Keinginan: Makanan manis
Anda butuh: Chromium

Ingin memakan sepotong kue bolu, donat, atau biskuit berbalur krim manis? Itu artinya gula darah Anda sedang naik sebelum nantinya terbanting turun. Dr Marilyn Glenville, seorang nutrisionis ternama mengatakan, "Saat Anda makan, gula darah Anda naik dan insulin dilepaskan."

Saat Anda mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi dan karbohidrat, mereka akan menaikkan gula darah Anda secara drastis. Tubuh kemudian akan melepaskan insulin dalam jumlah besar. Namun setelahnya, kadar gula darah dalam tubuh akan menurun, yang membuat Anda jadi ingin mencemil makanan manis.

Glenville mengingatkan, "Semakin Anda memakan makanan manis, semakin Anda menginginkannya, lagi, dan lagi, seperti lingkaran setan."

Untuk mengakali hal ini, Glenville, yang juga adalah penulis buku Fat Around Your Middle, menyarankan agar Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan kromium. Krominum berfungsi untuk menormalkan kadar insulin di tubuh Anda.

Kromium bisa Anda dapatkan dari brokoli, buncis, dan jus anggur. Diet sehat dan seimbang dengan buah, sayur, daging, ikan, dan gandum juga akan menjaga kadar kromium dalam tubuh Anda.

Keinginan: Cokelat
Anda butuh: Magnesium

Anda tentu sering mengalami hal ini, yaitu keinginan untuk mengudap cokelat. Tak jarang hal ini muncul saat Anda bangun tidur. Menurut Shona Wilkinson, kepala nutrisionis dari nutricentre.com, hal ini karena tubuh Anda sedang membutuhkan magnesium.

Wilkinson melanjutkan, magnesium tidak hanya mendukung imunitas tubuh dengan mencegah inflamasi, tapi juga memiliki peranan penting dalam menjaga sistem syaraf sekaligus mengurangi stres. "Magnesium juga baik untuk kesehatan tulang," tambahnya.

Seandainya keinginan Anda untuk mencemil coklat datang, Wilkinson mengizinkan Anda untuk menurutinya, namun pilihlah coklat hitam. Selain itu, kacang-kacangan dan sayuran hijau juga merupakan sumber utama magnesium yang lebih baik bagi tubuh.

Keinginan: Kudapan asin
Anda butuh: Sodium

Jika tubuh Anda menginginkan kudapan asin, Wilkinson menyarankan Anda untuk menjauhi segala bentuk keripik berpengawet. "Jika hal ini terjadi artinya kadar sodium dalam tubuh Anda rendah. Hal ini biasanya terjadi karena dehidrasi, setelah berolahraga, sakit, atau sehabis minum minuman beralkohol."

Jika hal ini terjadi, dia menyarankan Anda untuk mencemil ikan asin atau berondong jagung. Sumber sodium lain yang lebih sehat adalah wortel, dan seledri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini