Sukses

Ini Cara Biasakan Anak Tidur Mandiri

Membiasakan anak sejak dini atau bayi untuk terlelap tidur tanpa ditimang-timang menjadi tantangan terbesar para ibu atau orangtua.

Liputan6.com, Jakarta Membiasakan anak sejak dini untuk terlelap tanpa ditimang-timang menjadi tantangan terbesar para orangtua. Apalagi bayi baru lahir selalu dibiasakan tidur di dekat dekapan sang ibu. Namun seorang dokter anak menyarankan untuk membiasakan anak tidur mandiri.

Mengutip laman New York Times, Rabu (27/4/2016) seorang orangtua yang memiliki anak kembar mempertanyakan cara yang terbaik untuk menidurkan anak mereka, tanpa harus memberikan kedua anak sebotol susu atau menyanyikan mereka.

Kedua anak kesulitan untuk menenangkan dirinya sendiri dan Dr Judith Owens, seorang dokter anak sekaligus direktur pengobatan tidur di Boston Children’s Hospital, mengatakan, ia memfokuskan kondisi tersebut ke dalam "sleep onset associations". Hal ini dapat membantu anak untuk belajar bagaimana tertidur nyenyak juga kemampuan untuk kembali tidur saat mereka terbangun di malam hari.

Dengan melantunkan lagu sesaat anak hendak tidur adalah langkah yang cukup ideal. Ditambah menambahkan sebotol susu sebelum tidur akan membantu para bayi tertidur lelap. Namun, kebiasaan ini akan mengacaukan tidur anak saat mereka terbangun di malam hari dengan kondisi tanpa lagu dan sebotol susu.

Untuk melepaskan kebiasaan tersebut agar anak mampu belajar tidur sendiri, Owen menyarankan untuk melepaskan rutinitas tersebut perlahan-lahan. Meski sulit namun hasilnya akan memaksimalkan kemandirian pada anak.

"Belajar untuk menenangkan diri sendiri saat tidur merupakan suatu keterampilan perkembangan yang baik. Dan hal ini dapat diajarkan kepada anak untuk mengatur diri mereka sendiri," ucap Owens.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini