Sukses

Berkat Yoga Penderita Asma Bernapas Lebih Mudah

Asma adalah satu kondisi yang menyulitkan orang-orang untuk bernapas. Yoga dapat membantu penderita asma bernapas lebih mudah

Liputan6.com, Jakarta Yoga tidak sebatas dapat mengurangi rasa cemas dan memperbaiki mood yang rusak. Seni olah tubuh Timur Kuno ini juga dapat membantu penderita asma bernapas lebih mudah. Lantaran otot-otot di saluran pernapasan menjadi lebih rileks selama yoga.

Hampir 5,5 juta penduduk Inggris menderita asma. Namun, kebanyakan dari mereka tak ada yang berhasil sembuh setelah menjalani perawatan medis. Yang ada asma mereka semakin memburuk dan sekitar 1.000 orang meninggal dunia setiap tahun karena asma.  

Karena asma dapat memicu rasa cemas berlebihan dan depresi, penderita asma disarankan agar rutin melakukan yoga. "Yoga dijadikan opsi tambahan bagi penderita asma untuk meringankan fisik dan psikologis mereka," kata peneliti dari Chinese University of Hong Kong dikutip dari Daily Mail, Rabu (27/4/2016)

Para peneliti terus mengembangkan studi ini agar penderita asma tidak terus-terusan bergantung pada obat. Selama ini yoga banyak dipilih oleh individu yang ingin menerapkan pola hidup sehat lantaran dapat mengurangi rasa sakit akibat radang sendi, sakit punggung, dan mengurangi rasa takut jelang persalinan.

Meski berguna bagi penderita asma, yoga belum terbukti ampuh mengurangi penderitaan para perempuan yang telah memasuki masa menopause.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini