Sukses

Tisu atau Mesin Pengering Tangan, Mana yang Lebih Baik?

Ada dua pilihan untuk mengeringkan tangan Anda di toilet, mesin pengering dan tisu, tapi manakah yang lebih baik?

Liputan6.com, New York- Saat kita berada di toilet umum kerap mendapati mesin pengering tangan yang berfungsi mengeringkan tangan. Tapi dalam Journal of Applied Microbiology penggunaan mesin pengering malah menyebarkan lebih banyak bakteri.

Dalam studi tersebut, peneliti menemukan penggunaan mesin pengering jenis Dyson Airblades -- pengering yang mengeluarkan udara hangat ke tangan Anda-- menyebarkan 60 kali bakteri lebih banyak dibandingkan pengering lainnya serta 1.300 kali bakteri dibandingkan tisu.

Saat melakukan penelitian, ribuan bakteri yang masih ada di tangan sekitar 70 persen mengarah ke wajah anak-anak. Lalu terlempar sejauh 4,8 meter dan beredar di udara selama 15 menit.

"Kertas tisu adalah pilihan yang lebih baik untuk mengeringkan tangan," tulis peneliti dari University of Westminster, London dikutip dari laman Huffington Post, Senin (25/4/2016).

Sudah tidak bingung lagi, kan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini