Sukses

Persediaan Darah di PMI Buton Masih Aman

Persediaan darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara masih cukup.

Liputan6.com, Jakarta Persediaan darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara dalam setiap bulannya masih cukup guna memenuhi permintaan masyarakat hingga di daerah sekitarnya.

"Untuk mengamankan stok darah, maka kami terus mencari para pendonor sehingga kebutuhan permintaan darah dapat terlayani," ucap Direktur UTD PMI Buton, H La Ode Fuad Fadi, di Baubau, Rabu (20/4/2016).

Permintaan kebutuhan kantong darah dari Januari-Maret 2016 mencapai 591 kantong, sedangkan donasi yangmendonorkan darah pada triwulan pertama tersebut sebanyak 644 kantong. 

Jumlah kantong darah tersebut bervariasi golongan darahnya, baik golongan darah A, B, O, dan AB.

Dikatakan Fuad, jika kebutuhan darah mengalami kekosongan, maka pihaknya meminta kepada keluarga pasien untuk mendonorkan darahnya. Atau bisa juga pihaknya menghubungi pendonor yang sudah didaftar sebagai pendonor sukarela.

"Donor keluarga itu juga harus dilakukan pengecekan apakah sesuai dengan golongan darahnya, termasuk kondisi stamina dan daya tahan tubuh yang bersangkutan. Begitu pula pendonor sukarela itu," katanya, seperti dikutip dari Antara, Jumat (22/4/2016).

Dijelaskan, selain kegiatan sosial, donasi yang dominan melakukan donor berasal dari perusahaan-perusahaan swasta, organisasi kemasyarakatan serta organisasi pemerintah yang dapat dilaksanakan dua kali setahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.