Sukses

Duduk di Depan Komputer Seharian, Lakukan 8 Hal Ini

Penting bagi pekerja kantoran untuk melakukan berbagai kebiasaan sehat saat mereka harus duduk menatap komputer seharian.

Liputan6.com, Jakarta Pekerja zaman sekarang, mau tidak mau, terbiasa harus duduk seharian. Tentunya kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan Anda. Mulai dari risiko sakit ginjal, sampai penyakit kardiovaskular.

Untuk menghindari penyakit-penyakit tadi, termasuk juga agar tak mengalami nyeri leher dan punggung, dan masalah mata, buatlah rutinitas harian yang tetap memastikan kesehatan Anda saat harus duduk seharian di kantor.

Dilansir dari Purewow, Kamis (21/4/2016) ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan:

1. Atur meja kerja sebaik mungkin

desk health height

Hubungan komputer dan mata Anda sangatlah penting. Jika Anda menunduk terlalu jauh, ini bisa menyebabkan nyeri pada leher dan punggung. Dan jika Anda mendongak, mata bisa jadi sangat kering.

Gunakan penyangga komputer atau mungkin tumpukan buku untuk mengatur komputer dan monitor Anda pada tinggi yang tepat. Pastikan hanya Anda menundukkan kepala sebanyak 10 derajat.

2. Jangan sampai dehidrasi

Minum air yang cukup penting untuk kesehatan. Hal ini juga membantu Anda menjaga berat badan dan kesegaran kulit. Tak hanya itu, minum cukup air akan membuat Anda lebih berenergi.

Memastikan Anda cukup minum juga akan membuat Anda bergerak untuk mengisi botol atau gelas, serta ke kamar mandi untuk buang air. Hal ini akan membuat Anda tak hanya terpaku di kursi.

3. Atur alarm

Setiap satu jam, aturlah alarm di ponsel atau komputer. Setiap alarm berbunyi, bangunlah dari kursi dan bergeraklah. Anda bisa mengakalinya dengan mengelilingi meja kantor.

4. Hindari lift atau elevator

Jika Anda bekerja di gedung yang tinggi, lewatkanlah tip ini. Tapi, jika kantor Anda hanya berada di lantai dua atau tiga, hindarilah tangga sebisa mungkin.

Hal ini juga berlaku jika Anda menyetir ke kantor. Cobalah untuk memarkir mobil agak jauh dari lobi.

Saat Anda harus duduk seharian setiap hari, setiap kesempatan yang bisa Anda lakukan untuk berjalan akan memberi perbedaan berarti bagi kesehatan.

5. Olahraga ringan di meja kerja

desk health workout

Tentunya olahraga ini bisa Anda lakukan tanpa terlalu mencolok. Seperti misalnya, bergerak dan memutar kursi Anda ke kiri dan ke kanan sambil mengangkat kaki dari lantai.

Hal ini akan memastikan sirkulasi darah Anda tetap lancar.

6. Besarkan tampilan layar

Trik komputer lainnya: Atur tampilan di monitor Anda lebih besar dari ukuran standar. Hal ini akan membuat Anda melihat dengan lebih jelas tanpa perlu menyipitkan mata.

Memaksa mata melihat dan fokus pada tulisan yang terlalu kecil atau tidak jelas adalah penyebab utama mata lelah dan sakit kepala.

7. Berkedip

desk health blinking

Memang kita semua tentunya mengedip. Tapi, saat Anda bekerja di depan komputer, Anda harus berkedip lebih sering. Ini karena saat Anda berada di depan komputer, Anda hanya mengedip sepertiga dari biasanya - penyebab lain mata kering.

Usahakanlah berkedip secara sadar dan pejamkan mata setiap dua puluh menit. Lakukan aturan 20-20-20: setiap 20 menit tataplah benda yang berada 20 kaki (6 meter) jauhnya dari Anda selama 20 detik.

8. Istirahatkan mata

Tak peduli seberapa penasarannya Anda menonton episode selanjutnya dari serial favorit, Anda harus memberi mata cukup istirahat.

Menatap layar seharian hanya akan melemahkan daya pandang. Hal ini juga bisa berujung pada Computer Vision Syndrome (sindrom pandang komputer), payung besar seluruh penyakit mata yang disebabkan karena menatap layar komputer terlalu lama.

Jadi, selain memberi mata Anda cukup jeda saat seharian bekerja, pastikan juga Anda memberikan mata cukup istirahat di malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.