Sukses

Mengajarkan Rasa Malu pada Anak

Ajarkan anak selalu mengenakan pakaian yang pantas dan sopan, walaupun berada di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Ajarkan rasa malu pada anak dengan tidak mengganti pakaian si Kecil di sembarang tempat, sekali pun di rumah sendiri. Ganti pakaian harus di dalam kamar tidur atau kamar mandi dengan tidak lupa menutup pintu.

Ajarkan juga anak tidak mengganti pakaian di depan lawan jenis, meski saudara sendiri. Jangan biarkan anak berkeliaran di sekitar rumah hanya dengan mengenakan handuk atau pakaian dalam saja. Menurut dr Boyke Dian Nugraha SpOG, beri batasan yang jelas mengenai rasa malu yang harus miliki anak.

"Ajarkan anak selalu mengenakan pakaian yang pantas dan sopan, walaupun berada di rumah. Biasakan anak untuk duduk dengan sikap yang sopa di mana pun ia berada, misal dengan tidak mengangkat kaki ke atas kursi," kata Boyke di dalam buku Adik Bayi Datang Dari Mana? dikutip Kamis (21/4/2016)

 

Ajarkan anak mengenai sikap malu yang harus ditanamkan sejak dini. Orangtua harus dapat menekankan bahwa rasa malu ini bukan berarti anak memiliki sikap pemalu, tapi malu jika ada orang lain yang melihat anggota tubuhnya.

"Juga sikap malu ketika berbuat tidak baik atau meninggalkan kewajiban," kata Boyke menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini