Sukses

Kenapa Jadi Lebih Sering BAB Saat Haid?

Para wanita cenderung lebih sering BAB bahkan diare saat tamu bulanan datang.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin menyadari adanya perubahan kebiasaan buang air besar (BAB) ketika haid. Para wanita cenderung lebih sering BAB bahkan diare saat tamu bulanan datang. Shirin Irani, konsultan ginekolog di Spire Parkway Hospital, mengungkapkan alasannya pada laman Goodhousekeeping.

"Alasan pastinya belum benar-benar diketahui tapi diare memang cukup sering terjadi saat Anda haid dan umumnya disebabkan oleh kram menstruasi," kata Shirin.

"Zat kimia yang disebutprostaglandin yang dilepaskan ketika haid diduga sebagai salah satu penyebab kontraksi uterus dan saluran pencernaan. Ini biasanya terjadi pada tiga hari pertama haid,"Shirin menjelaskan.

Prostaglandin mengirim sinyal kimia ke uterus yang membuatnya lebih tegang dan rileks dibandingkan biasanya/ Kontraksi ini bertujuan mendorong keluar darah haid namun sinyal yang dikirimkan juga sampai pada usus dan membuatnya juga berkontraksi.

"Ketika terpengaruh, gerakan usus bisa semakin parah dengan adanya fibroid (jaringan otot di kandungan) menekan rektum, hambatan di panggul, infeksi panggul atau endometriosis," kata Shirin, dilansir dari laman Goodhousekeping, Kamis (14/4/2016).

Adakah cara untuk menghentikan hal ini? Meski tak ada cara untuk benar-benar menghentikannya, Shirin mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejalanya. Salah satunya dengan menghindari makanan pedas dan tetap terhidrasi.

Shirin juga merekomendasikan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan berserat yang membuat kotoran lebih padat serta mengurangi gejala diare.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.