Sukses

Resep Masker Alami untuk Hilangkan Komedo

Hampir semua orang pernah mengalami masalah dengan komedo.

Liputan6.com, Jakarta Pernah mendapati bintik-bintik hitam di permukaan kulit wajah terutama yang muncul di area ujung hidung hitam? Itulah yang disebut komedo.

Hampir semua orang pernah mengalami masalah dengan komedo karena pada dasarnya penyebab komedo adalah sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak berlebih. Komedo terdiri dari dua jenis, whiteheads dan blackheads.

Whiteheads ataukomedo putih berada di bawah kulit, takteroksidasi sehingga tak berwarna hitam, namun akan muncul bila benjolan kecil yang menutupi pori-pori wajah ditekan. 

Sementara blackheads menjadi berwarna hitam karena muncul di permukaan kulit dan mengalami oksidasi langsung dengan udara. Selain itu sebum pun ternyata mengandung melanin, pigmen yang memengaruhi warna kulit, rambut, dan mata. Biasanya komedo jenis ini tak mudah dibersihkan.

Sebelum Anda memutuskan mengeluarkan banyak biaya untuk menghalau komedo, sebaiknya coba masker alami yang bisa Anda buat sendiri dari pakar kecantikan selebriti Hollywood, Joanna Vargas, dikutip dari laman Popsugar, Selasa (12/4/2016).

Menurut Joanna, bahan yang diperlukan adalah putih telur. "Putih telur sangat efektif membersihkan pori-pori dan mudah ditemukan di dapur," ujarnya. "Putih telur mengelupas, menghidrasi, menyamarkan noda, dan membersihkan pori-pori. Putih telur memiliki banyak manfaat," Joanna menambahkan.

Yang Anda perlukan:

- Putih telur dari satu butir telur
- 1 sendok teh sari lemon
- 1 sendok teh yoghurt

Caranya :

Campur putih telur dan sari lemon, aduk hingga mengembang. Tambahkan satu sendok teh yoghurt dan aduk rata. Oleskan campuran tersebut ke seluruh permukaan wajah. Biarkan selama 10 menit lalu angkat dengan air hangat dan waslap.

Putih telur mengandung protein yang menyerap kelebihan minyak di kulit. Sari lemon berfungsi sebagai antiseptik alami untuk menghilangkan bakteri penyebab radang dan jerawat. Yoghurt membantu menghidrasi kulit.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini