Sukses

Tak Ingin Hubungan Retak? Hindari 5 Ucapan Ini

Hubungan pasangan mungkin saja retak akibat kalimat-kalimat yang tidak sengaja diucapkan oleh para pasangan dan membuat pasangan tersinggung

Liputan6.com, Jakarta Keretakan suatu hubungan percintaan sering terjadi akibat salah satu dari pasangan mengucapkan perkataan yang menyakiti perasaan pasangannya.

Seperti dilansir laman Bright Side, Senin (11/4/2016) para psikolog menyarankan untuk diam sejenak, sekitar sepuluh hitungan sebelum mengatakan sesuatu hal saat pasangan sedang berargumen. Berikut sembilan ucapan yang dapat diganti sekaligus mampu diterapkan dalam hubungan Anda dan pasangan untuk menghindari keretakan hubungan.

1. "Lakukan apa yang kamu mau," kalimat tersebut sering kali diucapkan saat pasangan sedang berargumen satu sama lain, namun ucapan tersebut bukanlah solusi yang baik. Ubahlah ucapan tersebut dengan, "Putuskan hal ini bersama-sama."

2. "Aku tidak ingin membicarakan ini," kondisi yang panas sering kali membuat pasangan mengucapkan kalimat tersebut namun yang terjadi masalah tak berujung dengan baik. Ubahlah dengan, "Mari kita membicarakannya nanti."

3. Pasangan menikah yang sama-sama bekerja mungkin akan memerlukan bantuan satu sama lain dalam mengurus rumah juga anak. Namun saat sibuk mungkin saja salah satu dari pasangan tidak sempat membereskan rumah atau membantu pasangannya, sehingga ucapan seperti "Kamu tidak pernah melakukan apapun di rumah!", ubahlah dengan "Aku tak bisa mengurusnya tanpa bantuan kamu."

 4. "Kamu sengaja menyakiti perasaanku!", saat pertengkaran terjadi mungkin sering kali kalimat ini diucapkan oleh salah satu dari pasangan. Anda dapat mengubahnya dengan, "Ini sebuah ketidaksengajaan, aku tahu kamu tidak sengaja menyakiti perasaanku".

5. Hal kecil seperti ini mungkin saja sering terjadi dalam suatu hubungan, saat sang pasangan wanita ingin memiliki tubuh yang langsing namun pasangan pria justru mengejek dengan, "Kalau kamu tidak diet, mana mungkin bisa kurus?". Sebagian besar wanita pasti tersinggung saat mendengarkan ucapan tersebut, mungkin Anda para pasangan pria bisa mengubah ucapan dengan, "Menurunkan berat badan memang sulit, tapi kamu pasti bisa!".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.