Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Ini yang Menyebabkan Wanita Tak Nyaman Saat Seks

Nyaman atau tidaknya bercinta tak hanya ditentukan oleh posisi seks dan tingkat libido semata, tapi juga masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Nyaman atau tidaknya bercinta tak hanya ditentukan oleh posisi seks dan tingkat libido semata, tapi juga masalah kesehatan. Kasus ini akan membuat rasa bercinta menjadi tidak nikmat lagi, melainkan rasa nyeri.

"Rasa sakit selama bercinta adalah hal umum yang paling sering ditanyakan oleh pasien sepanjang waktu," ujar Alyssa Dweck, seorang Obgyn di Westchester, New York, seperti yang dikutip Health.com, Senin (11/4/2016).

Ada beberapa faktor yang membuat wanita merasakan nyeri saat bercinta, seperti yang dibahas di bawah ini:

Iritasi

Kasus ini umum terjadi pada vagina wanita. Umumnya dipicu karena perawatan yang salah seperti penggunaan parfum atau wewangian, sebu, dan tisu toilet.

Solusi untuk mengatasinya adalah saat anda mengalami iritasi pada vagina, bersihkanlah daerah vagina dengan air bersih tanpa sabun. Biasakan vagina dalam kondisi kering.

Nyeri

rasa sakit saat bercinta bisa jadi tanda kista ovarium. "Bukan hal yang wajar adanya cairan di ovarium saat ada kista di dalamnya, dan jika kista tersebut tersentuh, itu akan terasa sedikit sakit," jelas Dr. Dardik.

Solusi untuk mengatasinya adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Namun jika memasuki masa menopause, kista bisa menjadi indikasi penyakit yang cukup serius.

Gatal

Rasa gatal dapat terjadi karena jamur. Kemungkinan lainnya, bakteri vagina, yang biasanya keabu-abuan, berair dan berbau tak sedap atau bisa saja disebabkan oleh penyakit menular seksual, seperti gonoria atau klamidia.

Solusinya adalah menghubungi dokter terdekat untuk mengetahui apakah rasa gatal berasal dari jamur atau penyakit klamidia.

Kering

Hal ini banyak terjadi pada wanita menopause dan mereka yang mengkonsumsi pil kontasepsi. Atau bisa juga dipicu karena stres.

Solusi untuk kasus ini adalah dengan menggunakan silikon berbahan dasar losion untuk memberikan pelumas alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini