Sukses

7 Cara untuk Dapatkan Tidur 8 Jam

Kadang tubuh sudah sangat lelah tapi Anda tak bisa juga terlelap. Agar tidur Anda cukup, pastikan Anda mencoba tujuh trik di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Kadang tubuh sudah sangat lelah tapi Anda tak bisa juga terlelap. Bisa karena pikiran Anda masih sibuk, gadget yang terus berbunyi, atau dorongan untuk bolak-balik ke kamar mandi.

Apapun itu, kami sudah menyiapkan 7 trik untuk memastikan Anda mendapatkan tidur cukup selama 8 jam, seperti yang dilansir dari Purewow, Senin (11/4/2014) berikut ini:

1. Sempatkan berolahraga

Tentu setiap malam tubuh Anda lelah secara mental, tapi bagaimana dengan secara fisik? Untuk memastikan tidur malam Anda lelap dan cukup, selalu sempatkan untuk berolahraga setidaknya 20 menit.

Ini bisa Anda lakukan dengan misalnya berjalan-jalan selama 20 menit setelah makan siang, atau mengikuti kelas yoga. Hal ini akan membantu tubuh Anda merasa dia membutuhkan tidur yang lelap.

2. Tetapkan dua waktu tidur

Waktu tidur pertama adalah untuk bersantai dan menyelesaikan dan menutup semua aplikasi di gadget Anda.

Waktu tidur kedua adalah untuk memastikan semua lampu mati, dan Anda benar-benar siap untuk tidur.

3. Tuliskan semua beban pikiran

Sebelum tidur, otak Anda bisa menjadi sangat sibuk. Mulai dari membayangkan akan mengenakan baju apa besok, mau makan apa, dan lain sebagainya.

Dengan menuliskan semua pikiran Anda dalam sebuah buku tulis yang Anda letakkan di samping tempat tidur, Anda bisa menyisihkan waktu hanya sekitar lima menit untuk menuliskan semua beban pikiran Anda.

Setelah semuanya selesai ditulis, Anda bisa tidur dengan tenang.

4. Tutup semua celah cahaya

Saat akan tidur kamar Anda memang gelap, tapi bagaimana besok pagi? Jika Anda berniat tidur cukup, pastikan untuk menutup semua celah yang bisa dilalui oleh cahaya matahari pagi.

5. Isi baterai ponsel Anda di tempat lain

Sinar biru dari ponsel bisa mengganggu tidur Anda. Jadi, pastikan Anda mengisi ulang baterai ponsel jauh dari tempat Anda tidur.

Hal ini juga berguna untuk mencegah dorongan mengecek kembali ponsel Anda yang hanya akan membuat tidur Anda semakin larut.

6. Dengarkan buku berbentuk audio

Namun pastikan buku yang Anda dengarkan adalah buku yang Anda sudah tahu ceritanya. Tujuannya adalah untuk menemukan sesuatu yang bisa mengalihkan pikiran, tapi tidak menghanyutkan.

Mendengarkan cerita yang sama berulang-ulang akan memudahkan Anda jatuh tertidur.

7. Jauhi minuman beralkohol tengah malam

Memang minuman beralkohol seperti anggur merah, bisa membuat Anda merasa lebih santai dan mengantuk. Namun, setelah tercerna di tubuh Anda, minuman ini akan bekerja sebagai stimulasi yang akan membuat Anda terbangun.

Gantilah minuman ini dengan segelas susu hangat yang akan membuat tidur Anda nyenyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.