Sukses

Ini Waktu Terbaik untuk Berolahraga Menurut Sains

Menyisihkan waktu untuk berolahraga terkadang sulit, dan tak semua orang mampu bangun ekstra pagi untuk melakukan sedikit latihan.

Liputan6.com, Jakarta Menyisihkan waktu untuk berolahraga terkadang sulit, dan tak semua orang mampu bangun ekstra pagi untuk melakukan sedikit latihan. Belum lagi, mengingat padatnya jadwal pekerjaan, tak sedikit orang yang memilih mengunjungi pusat kebugaran atau area lari di malam hari.

Namun sebenarnya, kapankah waktu terbaik untuk berolahraga?

Ahli kebugaran, instruktur yoga, dan co-creator dari PreGame Fit fitness, Dempsey Marks, menjelaskan: "Studi terbaru menunjukkan bahwa berolahraga itu baik dan perlu, kapan pun Anda melakukannya. Tapi jika ingin mendapatkan hasil yang paling maksimal, Anda sebaiknya bangun lebih pagi. Memulai hari dengan olahraga jenis apa pun akan memperlancar metabolisme. Anda bisa memaksimalisasi keuntungan yang Anda dapatkan dari olahraga, karena kalori akan terus terbakar sepanjang hari. Olahraga non-aerobik seperti angkat beban, akan menjaga pembakaran lebih lama. Hanya melakukannya selama 15 menit sudah membuat perubahan yang signifikan."

Seperti dilansir dari Byrdie, Sabtu (9/4/2016), jadi memang benar, pagi hari masih jadi waktu terbaik untuk berolahraga. Bahkan, satu studi menyimpulkan, olahraga di pagi hari membantu menjaga nafsu makan dan menahan Anda untuk tidak makan terlalu banyak setelahnya.

Ditambah lagi, kelas kebugaran di pagi hari biasanya juga selalu lebih sepi dibanding malam hari.

Walaupun begitu, sebenarnya kuncinya ada pada konsistensi. Jika Anda tak bisa berolahraga sampai waktunya pulang kantor, tubuh Anda akan beradaptasi akan menyesuaikan diri dengan jadwal ini. Yang artinya, tingkat pembakaran kalori Anda lebih tinggi pada jadwal olahraga Anda, menurut The Journal of Strength and Conditioning Research.

Jadi, jika Anda berolahraga setiap hari pada pukul 7 malam, tubuh Anda akan belajar untuk menjadi paling efisien pada waktu itu, selama Anda tetap bertahan pada jadwal Anda.

Terlebih lagi, sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Medicine & Science in Sports menyimpulkan, temperatur inti tubuh ditentukan oleh kualitas latihan. Mengingat temperatur tubuh meningkat seiring hari, Anda akan jadi lebih kebal terhadap cedera dan lebih fleksibel di sore hari.

Jadi intinya, semuanya terserah Anda. Ada alasan kenapa olahraga di pagi hari baik untuk Anda, tapi, juga ada bukti bahwa olahraga di sore atau malam hari juga baik.

Pastikan saja Anda berolahraga dengan teratur, kapan pun waktunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.