Sukses

Makan Salmon Saat Hamil Turunkan Risiko Asma Pada Anak

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan hubungan antara konsumsi salmon dan risiko asma pada anak.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan hubungan antara konsumsi ikan dan risiko asma pada anak. Ilmuwan dari Southampton University mengklaim, konsumsi salmon saat hamil dapat menurunkan risiko asma pada anak usia tiga tahun.

"Ikan salmon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, mencegah reaksi alergi bulu binatang, dan serbuk sari yang kerap memicu asma," kata peneliti, Profesor Philip Calder, seperti dikutip the Sun, Jumat (8/4/2016).

Menurut Calder, studi ini melibatkan 123 wanita hamil serta bayinya yang dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok mengonsumsi salmon dua kali seminggu selama kehamilan sampai kelahiran. Sedangkan kelompok lainnya, tidak makan ikan sama sekali.

Pada usia tiga tahun, satu dari sepuluh anak-anak didiagnosis asma dan hampir semua kasus tersebut bukan dari kelompok yang mengonsumsi salmon.

"Temuan kami menunjukkan, intervensi gizi awal, selama kehamilan dapat memiliki efek jangka panjang pada kesehatan," katanya.

Meski studi ini belum dipublikasikan dalam jurnal tetapi hasil penelitian ini dipresentasikan pada Experimental Biology Conference di AS. Studi lebih lanjut diharapkan karena hal ini berkaitan dengan harapan hidup anak.

Di sisi lain, Badan Kesehatan Inggris (NHS) merekomendasikan diet sehat harus mencakup dua porsi ikan dalam seminggu. Sedangkan laki-laki butuh nutrisi ikan hingga empat kali seminggu. Untuk anak perempuan dan ibu hamil disarankan untuk makan hanya dua porsi ikan dalam seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini