Sukses

Menu Sarapan, Makan Siang, Makan Malam, Camilan Diabetesi

Inilah menu makan sehari-hari untuk orang dengan diabetes atau diabetesi dari ahli nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan diabetes tidak boleh sembarangan memilih makanan untuk disantap. Perhatikan jadwal, jumlah, dan jenis dari makanan tersebut. Satu yang harus diingat, tidak boleh yang mengandung gula. Kurangi gula begitu dinyatakan positif diabetes.

"Tidak hanya makanan, minuman juga harus diperhatikan. Tidak boleh lagi kalau minum susu, teh, atau kopi ditambah gula. Dan harus diingat juga, tidak hanya minuman bersoda, minuman kemasan lain pun gulanya cukup tinggi," kata Direktur Micronutrient Initiative Indonesia, dr Elvina Karyadi, Msc, PhD kepada Health Liputan6.com pada Kamis (7/4/2016)

Jika pada orang tak diabetes anjuran takaran gula per hari adalah 25 gram atau sekitar dua sendok teh, lanjut Elvina, pada diabetesi atau orang dengan diabetes harus di bawah angka itu. "Sebab, ada gula tersembunyi di makanan yang kita tidak tahu," kata Elvina. 

Bagi diabetesi yang juga menderita penyakit komplikasi harus mengontrol kadar gula di tubuh dengan minum obat seumur hidup.

Berikut pilihan jenis makanan pengidap diabetes di waktu sarapan, makan siang, dan makan malam dari Elvina. Satu kunci yang harus diingat adalah makan dengan porsi kecil tapi sering.

Sarapan pagi

Usahakan untuk sarapan makanan kaya serat di pagi hari. Untuk karbohidrat, diabetesi bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah, sereal, atau oat. Tambah juga buah-buahan yang tidak manis. Sama seperti orang normal, diabetesi harus makan tiga sampai empat porsi buah setiap hari.

"Buah-buahan tidak manis itu seperti apel, pir, dan jeruk. Mangga boleh, tapi pilih yang tidak terlalu manis. Sedangkan buah-buahan yang harus dihindari adalah nangka, durian, anggur, karena manis," ujar Elvina. Jangan lupakan sayur mayur.

Jika mau minum susu, teh, atau kopi, silakan saja. Tapi tidak ditambah gula. Khusus susu, cari yang rendah kalori dan rendah lemak. "Sekarang sudah ada susu khusus diabetes. Lemak benaran rendah, gula juga rendah," kata Elvina.

Makan siang

Hindari menyantap makanan yang berminyak. Kalau bisa cenderung makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus. Perhatikan gizi seimbang dengan tidak melupakan karbohidrat. Bisa mengonsumsi nasi merah atau nasi hitam.

"Pola gizi seimbang itu makanan pokok sepertiga, lauk pauk sepertiga, buah-buahan juga sepertiga," kata Elvina menambahkan.

Makan malam

Makan malam sama seperti makan pagi dan makan siang, perhatikan jumlah yang ingin dikonsumsi. Jangan terlalu banyak. Perbanyak sayuran dan buah-buahan ketimbang karbohidrat. "Paling penting waktu makan yang harus diperhatikan. Yang dianjurkan dua jam sebelum tidur. Namun, alangkah baiknya jika lebih jauh lagi. Misal, tidur jam 10.00 makan malam terakhir jam 06.00 sore," kata Elvina menekankan.

Camilan

Camilan di sela-sela jam makan pagi ke jam makan siang dan jam makan siang ke jam makan malam adalah hal yang sangat penting. Memilih camilan juga tak boleh sembarangan. Tidak boleh menyantap jajanan pasar. Santaplah buah-buahan atau singkong rebus dan ubi. "Jelly boleh, karena tinggi serat. Tapi jelly yang tidak manis. Bubur kacang hijau juga boleh tapi tidak ditambah gula," kata Elvina menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.