Sukses

Hari Kesehatan Sedunia, Menkes Soroti Pencegahan Diabetes

Dalam sambutannya Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menekankan pentingnya tindakan pencegahan penyakit diabetes.

Liputan6.com, Jakarta Tema global yang diangkat pada Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh setiap 7 April kali ini adalah Diabetes. Dalam sambutannya Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menekankan pentingnya tindakan pencegahan penyakit ini.

Jika bisa dicegah, berarti seseorang akan jauh dari risiko komplikasi diabetes pada mata, ginjal dan sistem kardiovaskular. 

"Harus cek oleh semua tak hanya orangtua. Cek darahnya kan segera. Hanya ditusuk jari lalu diambil darahnya dan hasilnya cepat. Sehingga dengan cepat mengetahui kadar gula darah," tutur Nila Moeloek di Kantor Kemenkes, Kamis (7/4/2016).

Selain pengecekan darah, periksa juga tensi darah dan kolesterol secara teratur. Hal ini adalah poin pertama dari aksi CERDIK. Selanjutnya enyahkan asap rokok dan jangan merokok, rajin melakukan aktivitas fisik minuman 30 menit setiap hari, diet seimbang, istirahat cukup, dan mengelola stres dengan baik.

Dalam kesempatan ini Nila menyebutkan di Indonesia kini ada sekitar 10 juta pengidap diabetes. Dalam program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), Nila menyebutkan, memiliki target menurunkan angka diabetes yang termasuk dalam penyakit tidak menular hingga hanya ada sepertiga jumlah individu dengan diabetes saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini