Sukses

5 Keuntungan Jadi Anak Pertama

Selain kasih sayang dan perhatian yang lebih berlimpah, ternyata urutan lahir memang berpengaruh terhadap perkembangan anak.

Liputan6.com, Jakarta Lahir pertama kali, membuat anak sulung mendapat lebih banyak perhatian dan kasih sayang yang tercurah dari orang-orang. Tentu saja, ketika orangtua baru memiliki satu anak hal tersebut otomatis terjadi bukan?

Selain berbicara tentang kasih sayang dan perhatian yang lebih berlimpah, ternyata urutan lahir memang berpengaruh terhadap perkembangannya. Berikut lima fakta ilmiah tentang anak pertama mengutip laman Huffington Post, Kamis (7/4/2016).

1. Kemungkinan lebih pintar
Studi dari Norwegia menunjukkan anak pertama memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan adiknya. Dalam studi yang melibatkan 250.000 remaja pada 2007, anak pertama laki-laki IQ nya lebih tinggi 2,3 poin dibandingkan adik laki-laki.

Para peneliti meyakini hal ini terjadi karena pengaruh lingkungan dibanding genetika. Anak-anak pertama cenderung lebih mengajari adiknya sehingga ia memiliki lebih banyak informasi.

2. Lebih bertanggung jawab
Sesudah memiliki adik, anak pertama diberi tanggung jawab oleh orangtua membantu menjaga adiknya. Hal ini membuat anak-anak pertama dianggap memiliki tanggung jawab seperti diungkap penulis The Sibling Effect: What the Bonds Among Brothers and Sisters Reveal About Us,JeffreyKulger. 

3. Lebih sukses
Tak hanya memiliki IQ lebih baik, kemungkinan juga anak sulung lebih sukses di dunia profesional. Menurut psikolog asal New York University, Amerika Serikat, Ben Dattner anak-anak pertama memiliki orientasi lebih untuk berprestasi dan menyenangkan orangtuanya.

Selain itu juga, menjadi anak pertama membuat mereka sejak kecil terlatih mengambil peran kepemimpinan. Hal ini terbawa hingga ke dunia kerja.

4. Cenderung mengikuti aturan
Ada anggapan anak yang lahir di urutan tengah cenderung memberontak, sementara anak pertama mengikuti aturan yang ada. Benarkah?

"Anak sulung cenderung bertanggung jawab, kompetitif, dan konvensional. Sementara anak kedua cenderung ingin 'beda' dengan menjadi sosok menyenangkan, kooperatif, dan sedikit memberontak," terang psikolog Vassilis Saroglou dan Laure Fiasse dalam Jurnal Personality and Individual Differences di tahun 2003.

5. Lebih teliti
Sebuah studi pada 2015, anak pertama cenderung lebih teliti dibandingkan saudaranya. Lalu, studi lain dari Australia di 2015 mengungkapkan seseorang yang teliti memiliki performa akademik yang lebih baik.

Bagaimana, apakah hasil studi ini sesuai dengan Anda? Namun satu hal yang pasti, berapa pun nomor urut kelahiran Anda di keluarga, orangtua mencintai semua anak sama rata sama rasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini