Sukses

Baca Pesan Menyangkut Pekerjaan Sulitkan Orang untuk Tidur

Tak sebaiknya Anda membaca pesan menyangkut pekerjaan di malam hari jika Anda ingin tidur yang nyenyak di malam hari.

Liputan6.com, Jakarta Letakkan gawai dan komputer jinjing jauh dari tempat Anda tidur. Jika perlu matikan saja. Jangan pernah memeriksa pesan yang masuk di email atau aplikasi obrolan apa pun, apalagi menyangkut pekerjaan, begitu Anda tiba di rumah. Itu jika Anda mau tidur yang nyenyak di malam hari.

"Kami ingin pikiran dan tubuh Anda memahami bahwa waktu tidur adalah untuk tidur dan seks saja," kata Pakar Tidur dari University of Southern California, Dr Eriz Kezirian, dikutip dari Daily Mail, Selasa (5/4/2016)

Apa pun jenis perangkat elektronik yang Anda aktifkan di malam hari dapat mengeluarkan cahaya yang cukup terang, terutama di ruang yang sangat gelap. Secara tak langsung, paparan cahaya menyulitkan tubuh memahami waktu. Ia akan menganggap masih berada di pagi atau siang hari, bukan di malam hari.

"Sehingga lebih sulit untuk tidur yang nyenyak, ketika seseorang tidak menggunakan haknya dengan sebaik-baiknya," ujar Eriz Kezirian.

Belum lagi jika pesan yang Anda baca itu bersifat intimidasi, memerintah, dan menjatuhkan karena mungkin pekerjaan Anda yang dianggap tidak becus. Ujung-ujungnya hanya akan membuat Anda cemas.

"Jika Anda sudah berbaring di atas ranjang tapi mendapatkan pesan seperti itu, memicu Anda untuk merenung," kata Eriz mengingatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini