Sukses

Rutin Olahraga di Usia Muda, Awet Muda Ketika Tua

Manfaat lain yang didapat ketika rutin berolahraga di usia muda adalah awet muda di usia tua.

Liputan6.com, Jakarta Rahasia awet muda yang sesungguhnya bukan rutin menggunakan serum, bukan juga menelan suplemen setiap malam, dan diet mati-matian yang tak jarang memunculkan rasa trauma di diri para pelaku. Olahraga teratur di usia tua, kata peneliti dari Kanada, adalah kunci tetap bugar dan kulit tampak selalu sehat di usia tua.

Besar kemungkinan orang tua yang begitu rajin olahraga dan menganut pola makan sehat seimbang di masa muda memiliki otot yang kuat. Juga metabolisme yang terjaga baik sehingga mereka tidak gampang buncit.

Penelitian yang dipimpin Dr Geoof Power dari University of Guelph, Kanada, melihat kekuatan kaki dari para atlet yang berjaya di era 80 dan 90-an sebelum menerbitkan studi ini ke dalam Journal of Apllied Physiology. "Kami memiliki tujuh juara dunia. Orang-orang ini terhindar dari penuaan," ujar Geoof. Tujuh orang itu memiliki kaki 25 persen lebih kuat dari orang-orang seusia namun bukan berasal dari kalangan atlet.

Para atlet itu juga diketahui memiliki hampir 14 persen unit motor di kaki yang lebih. Menurut Geoof, unit motor yang lebih, yang terdiri dari serabut saraf dan otot, berarti lebih banyak massa otot dan memiliki kekuatan yang lebih besar.

Dengan proses penuaan normal, sistem saraf kehilangan motor neuron (yang menyebabkan hilangnya unit motorik, massa otot berkurang dan kekuatan juga menurun). "Oleh karena itu mengidentifikasi peluang campur tangan dan menunda hilangnya unit motorik di usia tua adalah sangat penting," kata dia dikutip dari situs Daily Mail pada Senin (4/4/2016)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini