Sukses

Ini Penyebab Lengan Mendadak Kram

Rasa kram sering kali mendadak melanda seseorang di tengah aktivitas, bahkan saat tidur pun lengan bisa merasakan kram

Liputan6.com, Jakarta Indera peraba satu-satunya yaitu tangan selalu melakukan beribu-ribu gerakan setiap harinya, mulai dari membuka pintu hingga mengangkat benda berukuran berat. Akibatnya, sering kali tangan merasakan pegal hingga kram mendadak.

Melansir laman Live Strong, ditulis Sabtu (2/4/2016) beberapa aktivitas ini menyebabkan kram pada pergelangan tangan hingga lengan. Berikut faktanya:

- Berada di posisi yang sama dan terlalu lama

Lengan tangan yang kram biasanya terjadi secara tiba-tiba dan terkadang sangat menyakitkan. Kram pada lengan dapat datang kapanpun namun biasanya kram terjadi akibat posisi tangan berada pada posisi yang sama dan terlalu lama, seperti menulis atau melukis.

- Darah tak sampai ke otot

Akibat aktivitas fisik kram pun bisa terjadi, biasanya berawal dari suplai darah yang tidak memadai ke bagian otot. Rasa kram akan berawal dengan rasa seperti kesemutan, dan kram akan berhenti ketika seseorang berhenti berolahraga.

Jenis kram lengan akibat darah yang tak sampai ke otot juga dapat terjadi karena posisi tidur yang salah. Saat seseorang mengubah posisi tidurnya ke lain arah, maka aliran darah akan kembali normal.

- Ada yang salah di saraf Anda

Bentuk kegiatan yang menekan pergerakan tangan terlalu keras mengakibatkan saraf pada tangan menjadi kram. Hal ini sering kali terjadi saat tangan terlalu lama mengetik tanpa mendapat peregangan, hingga aktivitas fisik yang menggunakan otot lengan yang terlalu keras.

Kondisi ini berlaku bagi penderita Carpal Tunnel Syndrome yaitu kondisi yang menyebabkan mati rasa, geli, kelemahan, dan nyeri di tangan yang disebabkan oleh tekanan pada saraf median pada pergelangan tangan. Umumnya penderita terlalu intens melakukan banyak pekerjaan pada komputer, juga memiliki posisi tangan yang buruk.

Meskipun aktivitas tersebut hanya melibatkan pergelangan tangan, namun hal itu pun menyebabkan rasa sakit dan kram sepanjang pergelangan tangan sampai lengan.

Jika rasa kram pada lengan sudah berlangsung lebih dari satu jam, perlulah pasien berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui apa yang terjadi pada lengan pasien, terutama jika rasa sakit disertai dengan rasa sakit pada bagian dada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini