Sukses

Laki-laki Lebih Banyak Cari Jodoh Lewat Kencan Online

Tak sedikit pasangan yang bertemu pertama kali melalui online dating, apalagi kaum pria sepertinya lebih menyukai cara ini.

Liputan6.com, Jakarta Mencari jodoh bukan hanya bisa dilakukan dengan mencari kenalan baru di suatu tempat. Tak sedikit pasangan yang bertemu pertama kali justru karena online dating.

Menurut Founder Online Dating Setipe.com, Razi Thalib, saat ini member Setipe mencapai 4,5 juta orang, dengan 51 persen diantaranya laki-laki dan 49 persen perempuan. Dan paling banyak di usia 18-30 th.

"Di Indonesia, pernikahan bukan antara dua orang tapi dua keluarga. Jadi ada faktor yang melebihi kapasitas mereka seperti etnis, agama, budaya sampai kebiasaan dan kultur, misalnya ada orang yang tidak suka bila pasangannya merokok atau minum alkohol. Mungkin hal ini yang membuat anak muda mulai masuk ke dalam hubungan, jatuh cinta namun sulit mencari yang cocok," katanya, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Razi menuturkan, beberapa pasangan yang langsung bertemu secara fisik mungkin akan menjalani fase yang sulit untuk memahami satu dengan lain. Sedangkan dengan Setipe, mereka bisa memilih antara keinginan dan kecocokan sekaligus mengetes kedewasaan diri mereka.

"Faktor memilih pacar memang tidak sesusah mencari pasangan hidup. Namun kita harus paham fondasi hubungan yang sehat akan memberikan dampak positif hubungan sehat, keluarga sehat, masa depan anak-anak yang lebih bahagia sehingga menjadi sosial positif. Dengan beberapa pertanyaan yang dikonsultasikan ke psikolog, ada pertanyaan di Setipe yang menandakan kedewasaan," ujarnya.

Dia menyontohkan, ada pertanyaan yang harus dijawab seseorang bila ingin mencari pasangan melalui Setipe. Salah satunya mengenai agama. Apakah agama merupakan bagian hidup atau fondasi. Karena keduanya merupakan hal yang berbeda. Kalau Anda menjawab fondasi, berati Anda membutuhkan pasangan untuk segera menikah karena ibadah. Dan bisa jadi, penampilan fisik menjadi tidak penting.

Kendati demikian, kata Riza, semua kembali kepada pernikahan itu niatnya apa. Sebab dia percaya, 100 pasangan yang sudah menikah karena Setipe, memiliki niat positif untuk mencari pasangan seumur hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini