Sukses

Kram Saat Olahraga Bisa Terjadi Karena Kurang Cairan

Anda sering kram saat olahraga? Mungkin Anda kekurangan cairan.

Liputan6.com, Jakarta Kram yang terjadi saat sedang berolahraga tidak selalu karena kurangnya pemanasan. Kurang minum air putih bisa juga memicu kondisi yang membuat atlet menjadi tidak nyaman.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dari RS Jakarta yang juga Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Grace Tumbelaka menjelaskan, kram bisa terjadi ketika otot terus menerus mengalami kontraksi secara masif. Menurut dia, salah satu pemicu terjadinya kontraksi karena otot kurang mendapatkan pelumas dari asupan cairan.

 

"Makanya jangan lupa pemanasan dan minumlah air putih satu jam sebelum olahraga, saat olahraga, dan setelah olahraga," kata Grace di diskusi bersama Forum NGOBRAS ditulis Kamis (31/3/2016)

Dia juga menjelaskan alasan atlet harus rutin minum air putih dengan jadwal seperti itu. "Saat olahraga cairan yang keluar akan lebih besar melalui keringat. Ini harus segera digantikan dengan minum air sebelum, saat, dan setelah olahraga," kata Grace.

Atlet juga bisa mengganti air putih dengan cairan isotonik untuk mengganti cairan yang hilang. Sebab, konsentrasi yang terkandung di dalam cairan isotonik sama dengan cairan di tubuh sehingga lebih cepat diserap lambung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini