Sukses

Lewat RPTRA Cibesut Warga Belajar Manfaatkan Tanaman Herbal

RPTRA ke-63 milik pemprov DKI Jakarat didukung oleh PT Kalbe Farma

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta, Ahok, mengapresiasi PT Kalbe Farma dan Bintang Toedjoeh yang telah mendukung program pemerintah provinsi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cibesut.

"Ini RPTRA ke-63 yang jadi. Tentunya bagus (dikelola PT Kalber Farma) karena masyarakat bisa diajarkan tanaman obat keluarga," kata Ahok. 


Ada pun tema dari RPTRA Cibesut yang dibangun di atas lahan Pemrov DKI Jakarta seluas 1.770 m2 adalah ramah anak dan juga tempat mengedukasi masyarakat mengenai tanaman herbal, tanaman obat keluarga, dan mengedukasi bagaimana membudidayakan ikan lele.

"Sehingga warga di sini bisa belajar mengenai itu semua," kata Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Irawati Setiadi di Jalan Swadaya 6 II Nomor 6 Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur, Rabu (30/3/2016).

Irawati kemudian memberitahu apa saja yang ada di RPTRA Cibesut. Ada ruang laktasi, ruang untuk kesehatan anak, dan tempat untuk mengajarkan para ibu bagaimana mencegah suami dan anak-anak dari berbagai penyakit.

"Kita ingin anak-anak bisa tumbuh sehat. Maka itu kita mendukung program kerja dari DKI Jakarta ini," kata Irawati menambahkan.

Sejauh ini PT Kalbe baru membangun RPTRA yang dilengkapi kebun toga berisi 57 jenis toga, tanaman hydroponik, vertical garden, dan lapangan futsal di Cibesut. Irawati ingin melihat dulu tanggapan warga. Jika memang hasilnya baik, mereka siap membangun di daerah lain. Ahok pun menilai lapangan futsal itu berstandar internasional.

"Kita lihat dulu yang di sini. Jangan sudah dibikin, tapi tidak dipelihara," kata Irawati.

RPTRA Cibesut, lanjut Irawati, adalah bentuk sumbangsih PT Kalbe yang pada tahun ini menginjak usia 50. Dia pun telah menyiapkan program kerja berupa pelatihan budidaya lele dan bagaimana memberi laktasi yang benar dan cara menggunakan tanaman herbal.

Ahok sudah melihat-lihat isi RPTRA Cibesut tersebut. Semua sarana dan pra sarana yang ada di sana sudah lebih dari yang dibayangkan. Hanya satu masukan dari Ahok, agar pintu toilet diganti yang geser agar ramah bagi kaum disabilitas.

"Masukan dari Pak Ahok tentunya sangat berguna. Nanti akan kami perbaiki," kata Irawati.

Irawati berharap kehadiran RPTRA Cibesut dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Anak-anak di sana pun tumbuh sehat dan pintar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.