Sukses

10 Cara Turun Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga

Ada beberapa cara mudah untuk menyiasati proses turun berat badan tanpa perlu diet dan mengeluarkan keringat

Liputan6.com, Jakarta Menurunkan berat badan memerlukan usaha dan disiplin. Beberapa orang rela menghabiskan waktu berjam-jam di treadmill dan latihan demi memangkas kalori. Tak heran jika terkadang proses membuat tubuh ramping jadi rutinitas yang menyiksa.

Sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk menyiasati proses turun berat badan seperti yang dilansir dari laman Popsugar, Rabu (30/3/2016) berikut:

1. Minum segelas air sebelum makan

Anda akan tetapterhidrasi sekaligus merasa kenyang dalam waktu singkat. Minum air sebelum makan membantu kita terhindar dari makan berlebih. 

2. Pilih makanan yang melalui sedikit diproses

Memilih makanan minim pengolahan seperti buah segar ketimbang buah yang dikeringkan bisa membantu kita memangkas banyak kalori.

3. Mengudap cokelat hitam

Ketimbang mencamil kue di sela-sela makan, lebih baik Anda mengonsumsi cokelat hitam. Mungkin rasanya tak selezat cokelat susu, tapi pastinya bisa melepaskan Anda dari keinginan berlebih terhadap makanan manis. Anda pun akan gembira jika tahu berapa banyak kalori yang bisa dihindari dari mengonsumsi cokelat hitam.

4. Konsisten dengan porsi

Bila Anda ingin turun berat badan, sangat penting untuk konsisten terhadap porsi makan. Hitung dulu kudapan dan jangan memakannya langsung dari kantongnya. Gunakan piring kecil sehingga secara visual menyebabkan rasa kenyang. Singkirkan sisa kudapan agar Anda tak tergoda untuk mencemil kembali.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bergerak lebih banyak

5. Bergerak lebih banyak

Meski Anda tak mendedikasikan seluruh waktu luang dimiliki intuk berolahraga, Anda bisa tetap membakar kalori dengan bergerak lebih banyak. Istirahat sejenak di kantor dengan berjalan mengelilingi kantor, pilih gunakanan tangga ketimbang lift atau eskalator. Memarkir kendaraan di tempat yang agak jauh dari pintu masuk kantor juga merupakan cara termudah untuk membakar kalori.

6. Jangan minum minuman berkalori

Anda bisa mendapat asupan kalori dari minuman bersoda, jus pagi, dan wine dalam gelas besar saat makan malam. Pilihlah air putih dengan potongan buah segar seperti mentimun, lemon, atau mint untuk menyimpan kalori penting.

7. Jangan biarkan lapar terlalu lama

Berada dalam kondisi lapar bisa mendatangkan kebaikan untuk Anda. Tapi membiarkan tubuh kelaparan sepanjang hari demi bisa menikmati makanan penutup bukanlah langkah bijak sekaligus tak sehat dan bisa menyabotase diet Anda.

Makanlah pada waktu yang tepat dan mengudap di saat yang pas untuk menghindari merosotnya kadar gula darah.

8. Kudap camilan tinggi protein dan serat

Ketika tiba saatnya mencamil, pastikan Anda tak mengonsumsi keripik atau kue kering dan memilih kudapan kaya protein dan serat dengan rasa enak.

9. Makan malam lebih awal dengan porsi ringan

Coba untuk makan malam dengan menu yang hanya mengandung 25 persen dari kalori harian Anda. Serta pastikan juga Anda makan malam dua atau tiga jam sebelum tidur. Makan dalam porsi besar dan terlalu dekat dengan waktu tidur bisa mengganggu pencernaan dan membuat sulit tidur.

10. Tidur lebih panjang

Kurang tidur bisa menyebabkan Anda makan lebih banyak sepanjang hari dan tak memiliki cukup energi untuk berolahraga. Jadi pastikan Anda mendapat 9 jam tidur setiap malam. Itu adalah cara efektif untuk menurunkan berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini