Sukses

Jangan Tambah 10 Topping Salad Ini Karena Tak Sehat

Alih-alih ingin berdiet dan mengubah pola makan jadi lebih sehat, Anda tidak memerhatikan asupan gizi di dalam salad.

Liputan6.com, Jakarta Alih-alih ingin berdiet dan mengubah pola makan jadi lebih sehat, Anda tidak memerhatikan asupan gizi di dalam salad.

Belum lagi, campiran salad kini semakin menarik dengan tambahan topping yang bermacam-macam. Dibalik toping tersebut, ternyata ada diantaranya yang tidak sehat. Apa saja? simak ulasannya, seperti dikutip Sheknows, Selasa (29/3/2016):

1. Craisins

Cranberry kering tinggi gula dan pengawet. Begitulah cara buah ini bertahan di toko selama berbulan-bulan. 

2. Kacang

Ahli gizi di San Diego, Tara Coleman mengingatkan kita untuk menjaga porsi seperempat cangkir (sekitar ukuran telapak tangan Anda kacang-kacangan dalam sehari karena rasa yang kuat seperti almond atau kenari.

3. Biji

Biji labu atau biji bunga matahari juga tidak terlalu baik dikonsumsi berlebihan.

4. Croutons (roti kering)

Jika Anda menghindari karbohidrat, Coleman mengatakan crouton mengandung tinggi natrium. Untuk itu, dia merekomendasikan chip kale segar.

5. Dressing rendah kalori

Memang tidak ada masalah menggunakan dressing salad rendah kalori namun sedikit lemak terdengar seperti hal yang baik, bukan. Coba ganti dressing tersebut dengan minyak zaitun (lemak sehat), perasan lemon, atau jeruk nipis dengan garam dan merica untuk mengeluarkan rasa alami dalam makanan Anda.

6. Selada beku

Bukan berarti selada tidak bergizi, namun selada beku kandungannya berat di air. Bayangkan Anda sedang makan salad yang terbuat dari seledri. Hanya 20 kalori per porsi.

7. Protein ekstra

Tofu, dada ayam dengan potongan besar untuk menghindari makanan ringan. Jika Anda ingin menambahkan protein, pilih salah satu sumber protein saja dan isi sisa mangkuk Anda dengan sayuran, sayuran, sayuran.

8. Potongan keju

Ahli diet Rebecca Lewis, mengatakan, setengah cangkir keju mengandung 250 kalori dan hampir 20 gram lemak. Meski begitu, bukan berarti Anda harus melewatkan keju tapi pastikan salad Anda adalah 98 persen sayuran dan 2 persen keju.

9. Mayonnaise

Sayangnya, mayonnaise juga mengandung ratusan kalori dan lemak yang tidak sehat. Lihat resep salad lain untuk alternatif yang lebih sehat.

10. Daging asap

Kebanyakan salad menambahkan bacon atau daging asap. Namun dressing ini juga ternyata tinggi natrium dan pengawet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini