Sukses

Turun Berat Badan dengan Diet Delapan Jam

Para peneliti dari Kalifornia, AS, menemukan bahwa membatasi waktu Anda makan bisa membuat berat badan Anda turun lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Frustrasi karena berat Anda belum juga turun, padahal sudah berbagai metode diet Anda jalankan? Mungkin trik diet baru dari Kalifornia ini bisa berhasil untuk Anda.

Para peneliti dari Kalifornia, AS, menemukan bahwa membatasi waktu Anda makan bisa membuat berat badan Anda turun lebih cepat dibanding mereka yang makan di waktu terpisah sepanjang hari.

Bagian terbaiknya? Menurut temuan mereka, Anda masih bisa makan apa saja yang Anda inginkan.

Seperti dilansir dari SoFeminine, Senin (28/3/2016), para peneliti percaya dengan membatasi jam makan dan dengan mengikuti jadwal yang teratur, tubuh Anda akan bisa memprediksi dan mengatur waktunya untuk membakar kalori. 

Dengan kata lain, semakin sadar tubuh Anda akan jadwalnya, semakin baik ia membakar kalori.

Penelitian yang dilakukan di Salk Institute di Kalifornia ini dilakukan dengan memberi makan tikus diet dengan lemak tinggi dalam rentang waktu delapan jam. Mereka menemukan tikus-tikus yang mengikuti pola diet ini lebih sehat dan lebih kurus dibandingkan tikus lain yang mengonsumsi jumlah kalori yang sama sepanjang hari.

Pemimpin penelitian ini, Profesor Satchin Panda, mengatakan, "Kebanyakan saran adalah, 'Anda harus mengganti nutrisi, Anda harus makan sehat'. Jadi pertanyaannya adalah, tanpa akses ke diet sehat, bisakah mereka mempraktikkan diet rentang waktu dan mendapatkan manfaatnya?"

Dia kemudian melanjutkan, "Kami menemukan, binatang yang makan dalam rentang waktu delapan sampai 12 jam memiliki sejumlah manfaat kesehatan protektif dan therapeutic dibanding binatang yang makan dalam jmlah sama namun sepanjang hari."

Penelitian ini juga menemukan, sedikit "lubang" di dalam diet Anda tidak akan berpengaruh buruk. Jadi, kalaupun sesekali Anda melanggar jadwal diet ini, hal itu tidak akan menjadi musibah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini