Sukses

Tingkatkan Kemampuan Panca Indera Lewat Aktivitas Ini!

Melatih motorik otak dan panca indera bisa dilakukan dengan kegiatan sehari-hari, simak langkahnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Manusia selalu dapat melakukan beragam latihan khusus yang berkhasiat baik untuk pengembangan kemampuan otak dan fisiknya. Namun, sering kali melupakan panca indera yang bisa berkurang kemampuannya jika tidak dilatih dengan maksimal.

Melansir laman brightside.me, Minggu (27/3/2016) terdapat sejumlah aktivitas yang jika dilakukan berulang setiap hari mampu meningkatkan kemampuan panca indera dan juga otak dengan cepat dan mudah.

1. Sikat gigi dengan tangan yang salah

Studi ilmiah menunjukkan, menggunakan bagian tubuh yang non dominan akan mempengaruhi sistem kerja otak.
Misal dengan menyikat gigi menggunakan tangan kiri jika Anda terbiasa menggunakan tangan kanan, dan sebaliknya.

Hal ini akan melatih perkembangan motorik dan otak untuk melakukan kegiatan kecil pada tangan yang tak biasa melakukan perannya.

2. Mandi dengan mata tertutup

Sensasi dari sentuhan akan mengaktifkan berbagai bagian dari otak manusia. Dengan tangan secara mudah seseorang bisa merasakan tekstur dari tubuh, namun menutup mata saat mandi, seseorang akan mengirimkan sinyal ke otak akibat rangsangan dari air yang jatuh ke permukaan kulit.

Hal ini berguna untuk mempertajam indera sentuhan atau rabaan secara peka.

3. Bernapas dengan aroma baru

Ketika manusia mencium aroma atau bau sesuatu, secara tak disadari orak membantu indera cium untuk mengetahui apakah aroma yang diciumnya. Dengan membiasakan diri untuk mencium aroma wewangian dalam kamar secara bergantian, akan meningkatkan kepekaan indera penciuman juga mempengaruhi mood yang baik saat bangun dari tidur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.