Sukses

5 Tanda Anda Mengalami Defisiensi Vitamin

Tubuh akan senang hati memperlihatkan bila tubuh kita kekurangan suatu penunjang kebugaran dan kesehatan, misalnya saja saat kurang vitamin.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi kesehatan tubuh seseorang bisa dilihat dari gejala yang ditampilkan oleh tubuhnya.

Tubuh akan senang hati memperlihatkan bila tubuh kita kekurangan suatu penunjang kebugaran dan kesehatan, misalnya saja saat kita kurang vitamin.

"Dengan semua pola diet dan makanan yang diproses sekarang ini, kita sangat mudah mengalami kekurangan vitamin. Entah karena tidak cukup mengonsumsi makanan yang benar atau karena tak bisa menyerapnya dengan sempurna karena masalah pencernaan," kata Dr Susan Blum, founder Blum Center for Health dan penulis buku The Immune System Recovery Plan.

"Anda mungkin tak terkena penyakit, tapi fungsi organ Anda bisa saja tak berfungsi maksimal karena vitamin merupakan faktor pendukung untuk semua reaksi kimia di tubuh. Kita perlu vitamin agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya," tambah Dr Blum.

Cermati lima hal tak biasa dari tubuh yang bisa jadi pertanada Anda mungkin kekurangan vitamin, dilansir dari laman Foxnews, Sabtu (26/3/2016):

1. Sudut bibir pecah-pecah

Hal itu menandakan Anda kurang Iron, zinc, dan Vitaimin B seperti niacin (B3), riboflavin (B2), dan B12.
Dr Blum mengatakan kekurangan vitamin tersebut bisa saja karena seseorang menganut pola makan vegetarian.

Kondisi ini bisa diatasi dengan makan lebih banyak daging unggas, salmon, tuna, kerang, tiram, tomat yang dikeringkan, kacang-kacangan, legume, dan lannya. Penyerapan iron atau zat besi dibantu oleh vitamin C yang juga bisa membantu melawan infeksi. Jadi sebaiknya Anda juga mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C.

2. Wajah bersisik kemerahan dan rambut rontok

Wajah bersisik dan kemerahan dan rambut rontok merupakan petunjuk Anda kekurangan Biotin (B7). Biasanya ketika tubuh menyimpan vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E., K), tubuh tak akan bisa menyimpan vitamin B yang bersifat larut dalam air secara maksimal.

Mengonsumsi telur yang dimasak, salmon, avokad, jamur, kembang kol, kacang-kacangan, raspberry, dan pisang bisa membantu Anda menangani keluhan tersebut.

3. Muncul jerawat putih di pipi, lengan, lipatan paha, dan bokong

Bila Anda menemukan tanda-tanda tersebut di tubuh artinya Anda kekurangan asam lemak esensial dan vitamin A serta D

Kurangi makan makanan yang mengandung lemak jenuh dan mulailah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti salmon, sarden, almond atau kenari, atau biji chia. Anda bisa menambahkan sayuran hijau dan berwarna seperti wortel, kentang manis, dan paprika merah untuk asupan vitamin A.

4. Kesemutan dan mati rasa di tangan, kaki, dan bagian tubuh lain

Kemungkinan Anda kekurangan vitamin B seperti B9, B6, dan B12. Kondisi tersebut juga bisa dialami dengan munculnya gejala lain seperti kecemasan. depresi, anemia, kelelahan serta ketidakseimbangan hormon.

Konsumsi bayam, asparagus, bit, telur, kerang, dan daging unggas bisa membantu mengatasi hal ini.

5. Kram otot di ujung ibu jari kaki, nyeri di kaki dan betis

Hal itu merupakan pertanda Anda kurang magnesium, kalsium, dan potasium.

Perbaiki kondisi ini dengan menambahkan asupan pisang, almond, hazelnut, cherry, apel, brokoli, bok choy, dan sayuran berwarna hijau gelap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini