Sukses

Cara Buang Lemak Perut untuk Segala Usia

Anda mungkin sering mendengar, seiring bertambahnya usia akan bertambah pula berat badan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sering mendengar, seiring bertambahnya usia akan bertambah pula berat badan Anda. Hal ini karena pertambahan usia membuat kemampuan metabolisme Anda melambat.

Tapi, seperti dikutip dari Women's Health, Sabtu (25/3/2016) Anda bisa mencegah hal ini, dan caranya pun tak sulit.

Melambatnya metabolisme memang sesuatu yang nyata. Hal ini karena massa otot Anda menurun--kira-kira sebanyak 8 persen untuk setiap dekade setelah Anda berusia 30 tahun, dan 10 persen saat Anda mencapai usia 50 tahun. 

"Anda kehilangan kira-kira setengah pon otot sehat setiap tahun pada usia 20-an, 30-an, dan 40-an. Dan begitu Anda mencapai usia 50-an, Anda akan kehilangan sekitar 1 pon setahun," ujar Wayne Westcott, Ph.D., seorang exercise physiologist di Quincy College di Boston.

Walaupun para peneliti belum yakin kenapa hal ini terjadi, teori yang paling memungkinkan adalah karena tubuh Anda mulai menguraikan otot dengan kecepatan yang lebih cepat dibanding waktu untuk membangunnya lagi.

Otot bersifat aktif secara metabolisme, jadi ketika otot Anda menurun, begitu juga kemampuan metabolisme Anda.

Jadi apa yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal ini? Membangun lebih banyak otot.

Penelitian menunjukkan, mengangkat beban dua kali seminggu selama 25 menit bisa memberikan kekuatan tambahan yang akan melancarkan metabolisme Anda.

Satu studi yang dilakukan oleh Westcott dari 1.600 orang berusia antara 21-80 tahun menunjukkan pembentukan otot mencapai 3,1 pon (sekitar 1,5 kg) setelah 10 minggu latihan angkat beban.

"Hal ini sama seperti membalik efek penuaan selama 6 tahun," ujar Westcott.

Para partisipan melakukan satu set dari 12 jenis latihan yang berbeda, menggunakan beban yang cukup yang akan membuat mereka kelelahan setelah delapan sampai 12 kali pengulangan.

Bagian terbaiknya, tak peduli usia Anda 25 tahun maupun 75 tahun, hasilnya sama untuk semua kelompok usia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini