Sukses

Diet Tepat untuk Hati yang Sehat

Tips diet ini bisa digunakan untuk menjaga kesehatan hati Anda.

Liputan6.com, Jakarta Selalu ada cara sederhana yang dapat meningkatkan kesehatan hati (lever) kita. Pertama, jauhi dua musuh utama dari hati yaitu alkohol dan minyak goreng. Kedua, dengan menjalani diet yang sehat.

Ahli gizi dari Mumbai, India, Sandhya Gugnani, memberikan tips dan rekomendasi diet bagi pasien penderita penyakit hati, seperti dikutip dari Times of India, Rabu (23/3/2016). 


1. Makanan yang direkomendasikan : Karbohidrat yang baik, protein dan lemak dengan takaran secukupnya.

Ada pun takarannya, untuk karbohidrat sebanyak 300 sampai 400 gram per hari, protein 1,5 sampai 2 gram sehari. Bisa juga ditambah suplemen tinggi protein yang harus dikonsumsi di antara waktu makan. Hanya saja ini atas saran dokter.

Sementara lemak hanya boleh 40 sampai 50 gram per hari.

Sandhya mengatakan, tambahan juga suplemen vitamin B kompleks dan vitamin C. Jangan lupakan mineral dengan tidak mengonsumsi garam terlalu banyak.

2. Makanan yang harus dihindari adalah daging merah, daging berlemak tinggi, telur, makanan yang digoreng atau menggunakan mentega, buah-buahan kering, rempah-rempah, dan kopi atau minum teh yang terlalu sering. Dan juga minuman soda serta alkohol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini