Sukses

Cek Kesehatan dari Kondisi Lidah Anda

Sebagai indera pengecap lidah juga miliki fungsi untuk mengukur keadaan tubuh atau kesehatan tubuh seseorang

Liputan6.com, Jakarta Fungsi lidah bukan saja sekadar senagai indera pengecap atau sebagai alat bicara, melainkan ada fungsi lain di balik itu, sebagai petunjuk atas suatu penyakit yang menyerang tubuh Anda.

Seperti dilansir laman Positivemed, Selasa (22/3/2016) berikut tiga tampilan lidah yang dapat dijadikan pengukur kesehatan tubuh seseorang.

- Lidah bengkak

Kondisi lidah bengkak membutuhkan tindakan medis segera, sebab lidah bengkak dapat dengan cepat memperburuk kondisi tubuh. Lidah yang bengkak dapat menghentikan aliran udara pada tubuh. Salah satu penyebab paling umum dari lidah bengkak akibat alergi obat.

Golongan obat bernama ACE inhibitor yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan lidah membengkak jika seseorang memiliki riwayat alergi dari kandungan obat ini.

- Lidah memutih

Penyebab dari kondisi lidah yang tampak memutih ini ialah kebersihan yang buruk. Lapisan putih di lidah terdiri dari bakteri dan sel-sel mati.

Untuk mengatasi kondisi tersebut bisa dilakukan dengan teratur menyikat permukaan lidah dengan sikat gigi atau dengan alat khusus untuk pengikis lidah. Selain menggosok gigi dan lidah dua kali sehari, perbanyaklah mengonsumsi air.

- Lidah merah

Lidah yang berubah menjadi merah bisa saja menjadi gejala demam scarlet.

Demam Scarlet berasal dari bakteri yang sama dengan radang tenggorokan. Jenis demam ini umumnya menyerang anak berusia 5 hingga 15 tahun. Gejala lain dari demam scarlet yaitu sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening, demam tinggi, mual, dan sakit kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.