Sukses

BE HEALTHY: Tips Merawat Gigi dan Gusi untuk Wanita Hamil

Gusi wanita hamil cenderung jadi lebih sensitif dan rentan terhadap bakteri karena hormon wanita cenderung mengalami peningkatan.

Liputan6.com, Jakarta Gusi wanita hamil cenderung jadi lebih sensitif dan rentan terhadap bakteri karena hormon wanita cenderung mengalami peningkatan. Sekitar 47 persen wanita hamil mengalami keluhan gusi, seperti misalnya gusi bengkak atau berdarah.

Ketika seseorang mengalami pendarahan gusi terjadi terus-menerus akan berisiko pada radang gusi. Pada wanita hamil kondisi ini biasanya dialami pada kehamilan bulan kedua, ketiga, atau bahkan kedelapan. Bila dibiarkan, kondisi tersebut akan mengarah pada masalahperiodontal, bentuk parah dari infeksi gusi. 

Wanita hamil perlu memerhatikan kesehatan rongga mulut beserta isinya karena bisa berdampak pada kondisi janin. Bila rongga mulut tak dijaga dengan baik bisa berdampak pada terganggunya proses asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin.

Selain itu, penelitian terhadap 160 wanita hamil menunjukkan, mereka yang memiliki keluhan pada gusi berisiko melahirkan prematur, 35 minggu lebih awal. Alasannya, penyakit gusi yang dibiarkan sehingga menjadi parah bisa meningkatkan produksi prostaglandin dan faktor nekrosis tumor yang merangsang otot polos berkontraksi.

Gangguan gusi dan gigi pada wanita hamil dikhawatirkan juga bisa menularkan infeksi pada bayi. Oleh karena itu calon ibu perlu berhati-hati dan tak menganggap enteng sakit gusi yang diderita.

Simak cara merawat kesehatan rongga mulut beserta isinya yang dituturkan drg Miranda Andriani dalam tayangan singkat program Be Healthy berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.