Sukses

Tak Hanya Tubuh, Mata Juga Perlu Olahraga

Bukan hanya tubuh - mata yang melakukan aktivitas sepanjang hari juga memerlukan olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Seharian menatap layar komputer benar-benar memberikan rasa lelah mata Anda, ketika mata lelah bukan hanya tidursolusinya terlebih mengolahragakan mata Anda.

Dikutip dari laman India Times, Kamis (17/3/2016) olahraga mata tidak memerlukan waktu berjam-jam lamanya seperti olahraga tubuh. Gerakan berikut cukup mudah, cepat, dan bekerja dengan baik.

1. Kedipkan mata secara terus menerus selama dua menit, gerakan ini membantu meningkatkan sirkulasi darah ke mata.

2. Lirikan mata dari sisi ke sisi lain tanpa menggerakkan kepala Anda. Ulang gerakan ke kiri dan ke kanan sebanyak sepuluh kali.

3. Tutup mata Anda dan gerakan bola mata Anda ke atas dan ke bawah tanpa menggerakkan kepala. Ulangi masing-masing posisi ke atas dan ke bawah sebanyak sepuluh kali.

4. Gerakan bola mata Anda secara perlahan dengan putaran seperti searah jarum jam, secara bergantian arah dengan jumlah sepuluh kali.

5. Tekan kelopak mata menggunakan jemari. Tahan tekanan selama beberapa detik, cara ini akan meningkatkan sirkulasi cairan intraokular - ulangi sebanyak lima kali.

6. Katupkan mata sambil mengerutkannya selama beberapa menit, relaks dan lemaskan otot mata Anda untuk meningkatkan sirkulasi darah ke mata. Lakukan gerakan sebanyak lima hingga tujuh kali maka ketegangan akan menghilang.

8. Fokuskan pandangan pada sesuatu yang dekat dan jauh. Tahan pandangan beberapa detik dan kemudian beralih pandangan Anda ke objek lainnya, ulangi selama lima kali dan tahan pandangan selama beberapa detik.

9. Tutup mata Anda selama beberapa menit dan bersantailah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.