Sukses

Wanita Butuh Tidur Lebih Lama dari Pria, Mengapa?

Wanita butuh tidur rata-rata 20 menit lebih banyak dibanding pria setiap harinya.

Liputan6.com, New York- Aktivitas perempuan, terutama ibu pada sebagian kalangan jauh lebih banyak dibanding ayah. Kaum hawa seringkali tidur paling terakhir dan bangun paling awal. Alhasil jumlah tidur mereka hanya sedikit. Padahal, wanita sebaiknya tidur lebih lama dibanding pria.

Wanita butuh tidur lebih lama dibanding pria karena otak kaum hawa lebih kompleks. Hal ini diungkapkan lewat studi dari Loughborough University’s Sleep Research Center di Inggris.

"Otak wanita berbeda dibanding pria ... sehingga mereka butuh jumlah tidur lebih banyak," tutur Direktur Sleep Research Center, Profesor Jim Horne seperti ditulis dalam laman Fox News, Rabu (16/3/2016).

"Wanita cenderung melakukan sesuatu secara multi-task. Sehingga penggunaan otak mereka lebih banyak dibandingkan otak pria. Semakin banyak memaksimalkan fungsi otak, berarti butuh pemulihan lebih banyak juga yang artinya tidur jadi lebih lama," tambah Horne lagi.

Jika wanita kurang tidur terkait dengan risiko wanita tersebut mengalami tekanan psikologis serta perasaan depresi dan marah. Sementara pada pria, tidak terjadi pada hal yang sama.

Dalam penelitian ini kira-kira wanita butuh tidur rata-rata 20 menit lebih banyak dari biasanya. Namun pada wanita lain butuh lebih banyak maupun sedikit dari itu. Jadi, jika biasanya kaum wanita tidur enam jam, tambahlah beberapa menit lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.