Sukses

Usai Anak Lahir, Banyak Ibu Kembali Merokok

Ibu hamil yang berhenti merokok saat hamil, setengahnya akan kembali merokok usai anak lahir.

Liputan6.com, New York- Merokok saat hamil bisa membahayakan kesehatan janin. Banyak calon ibu yang mengetahui hal itu sehingga bagi mereka yang perokok memutuskan berhenti merokok. Namun sayangnya setelah sang buah hati lahir, setengah dari perempuan tersebut kembali merokok.

"Sebagian perempuan perokok yang hamil mereka akan berhenti merokok. Dan sebagian dari mereka akan kembali merokok dalam jangka waktu enam bulan setelah sang buah hati lahir," tutur peneliti seperti tertulis dalam Time, Kamis (17/3/2016).

Data ini didapat lewat penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Addiction. Dari total responden sekitar 87 persen ibu hamil sulit berhenti merokok. Lalu hanya 13 persen yang mau berhenti merokok.

Namun dari 13 persen yang ibu hamil yang berhenti merokok itu sekitar 43 persen ibu hamil kembali merokok dalam jangka waktu enam bulan sesudah anaknya lahir.

Dengan kembali merokok membuat sang ibu memiliki risiko besar untuk terkena bahaya kesehatan. Seperti kanker paru, kanker rongga mulut, kanker payudara, hingga gangguan menstruasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini