Sukses

Orangtua Juga Harus Tahu Menggunakan Media Sosial yang Benar

Tidak melulu anak yang harus diingatkan bagaimana menggunakan internet dan media sosial yang seharusnya, orangtua juga perlu.

Liputan6.com, Jakarta Tidak melulu anak yang harus diingatkan bagaimana menggunakan internet dan media sosial yang seharusnya. Orang dewasa atau orangtua tampaknya masih perlu diajarkan bersikap semestinya ketika mengarungi dunia maya. Misal jangan terlalu sering pamer foto anak atau memberitahu di mana anak bersekolah. 

Widuri, dari ICT Watch dengan salah satu program bernama Internet Sehat mengatakan, jangan pernah memberikan alamat lengkap saat check-in di media sosial, apalagi jika membawa anak-anak untuk hal rutin seperti lokasi sekolah untuk meminimalisir penculikan berdasarkan informasi ini.

"Membatasi jaringan internet untuk anak-anak di bawah 12 tahun. Secara berkala awasi apa yang anak lakukan di depan internet. Jangan karena fisiknya baik-baik saja, atau anteng maka orangtua merasa anak baik-baik saja," kata Widuri dalam diskusi 'Anak dan Media Sosial' yang diadakan Forum NGOBRAS pada Jumat (11/3/2016) siang.

Ketika menemukan konten dalam akun anak yang tidak diharapkan, jangan terlalu reaktif dan langsung menduga-duga sesuatu yang terburuk, yang bisa dipikirkan anak. Lebih baik orangtua menanyakan dan ajak diskusi untuk mengetahui apa yang dipikirkan dan cara pandang anak terhadap konten tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini