Sukses

Kepala Migrain? Mentol Mungkin Dapat Membantu

Sebuah studi mengungkap, bagimana kandungan mentol ternyata dapat meredakan migrain.

Liputan6.com, Jakarta Jangan sepelekan mentol yang dapat meringankan gatal bila digigit serangga. Sebuah studi mengungkap, bagaimana kandungan mentol ternyata dapat meredakan migrain. 

Professor Goadsby dari National Institute for Health Research, King’s College London mengatakan, protein trpm8 pada mentol yang berperan mengurangi nyeri akibat migrain. Namun ia tidak mengerti alasannya mengapa.

"Mungkin karena mentol mengaktifkan reseptor dalam tubuh kita yang membuat kita merasa nyaman. Biasanya orang-orang akan mengoleskan mentol pada dahi untuk meringankan sakit kepala," katanya, seperti dikutip Dailymail, Sabtu (12/3/2016). 

Migrain, kata dia, biasanya membuat penderitanya mengalami kesakitan parah. Kepala seperti berdenyut di depan atau sisi kepala. Beberapa orang juga mengalami gejala lain seperti mual, muntah dan meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya atau suara.

Pada umumnya, migrain paling banyak dialami satu dari 15 wanita. Sistem Jaminan Kesehatan Inggris (NHS) melaporkan, migrain juga kemungkinan dipengaruhi gen, stres, kelelahan dan makanan atau minuman tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini